BeritaDaerahDenpasarPendidikan

Lecturer Exchange, ITB STIKOM Bali dan VAR University Thailand Jalin Kerjasama Wujudkan Internasionalisasi Kampus

Jbm.co.id-DENPASAR | ITB STIKOM Bali dan Valaya Alongkorn Rajabhat (VAR) University Thailand menggelar program Lecturer Exchange Welcoming Ceremony dan Seminar di Aula ITB STIKOM Bali, Denpasar, Selasa, 28 November 2023.

Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kesiswaan ITB STIKOM Bali Ida Bagus Suradarma, S.E., M.Si., menyampaikan program Lecturer Exchange ini dilaksanakan di ITB STIKOM Bali sebagai perwujudan dari internasionalisasi kampus yang sudah dicanangkan, sejak dua tahun lalu.

“Sesuai dengan perkembangan waktu, kita sudah mulai menjajagi kerjasama dengan Cina melalui pertukaran mahasiswa. Kita juga sudah penjajagan dengan Thailand, Filipina, Canada dan Turki,” kata Suradarma.

Advertisement

Dari sekian kerjasama, lanjutnya yang terealisasi terkait Lecturer Exchange ini dengan Universitas VAR Thailand.

Foto: ITB STIKOM Bali dan Valaya Alongkorn Rajabhat (VAR) University Thailand menggelar program Lecturer Exchange Welcoming Ceremony dan Seminar di Aula ITB STIKOM Bali, Denpasar, Selasa, 28 November 2023.

Tak hanya itu, mahasiswa ITB STIKOM Bali juga sudah dua kali berkunjung ke Thailand. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa Thailand juga sudah berkunjung sebanyak empat kali ke ITB STIKOM Bali.

“Melalui kerjasama ini, kita harapkan kegiatan ini memberikan manfaat bagi dosen maupun mahasiswa institusi ITB STIKOM Bali untuk lebih memperkenalkan diri di dunia global,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor III Rektorat Kerjasama, Pemasaran dan Inovasi ITB STIKOM Bali I Made Sarjana, S.E., M.M. Dikatakan, kegiatan hari ini yang istilahnya disebut Lecturer Exchange antara ITB STIKOM Bali dengan Valaya Alongkorn Rajabhat (VAR) University Thailand sebagai salah satu kegiatan dari sekian rentetan kegiatan yang sudah dilakukan kerjasama.

Bahkan, beberapa bulan lalu, pihaknya sudah menyelenggarakan sebuah program, saat mahasiswa dari Thailand belajar tentang budaya dan seni musik Bali di ITB STIKOM Bali dengan dosennya, Prof. Dr. I Made Bandem, M.A.

Setelah itu, mahasiswa ITB STIKOM Bali berangkat ke Thailand juga belajar tentang budaya dan karya seni musik.

Namun, sekarang dosen dari Valaya Alongkorn Rajabhat (VAR) University Thailand memberikan kuliah di ITB STIKOM Bali, untuk meningkatkan kompetensi, wawasan dan jaringan dengan kampus-kampus yang ada di Asia Pasifik.

“Visi kedepan, ITB STIKOM Bali sudah menjadi kampus kelas global tahun 2035. Ini sebagai perwujudan dari internasionalisasi kita untuk mewujudkan kampus global,” paparnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar Prof. Dr. I Made Bandem, M.A., selalu mendukung penuh berbagai kegiatan yang dilaksanakan ITB STIKOM Bali, terutama dalam usaha memiliki strategi untuk menjadi kampus yang berkelas dunia.

Berbagai kolaborasi diadakan ITB STIKOM Bali yang melakukan kerjasama dengan kampus-kampus lainnya, dimulai dari pendidikan.

“Kita memiliki Help University di Malaysia yang memberikan Double Degree bekerjasama dengan ITB STIKOM Bali. Kemarin kita bahas lagi. Ada juga Universitas Queenland di Australia, kita akan cari dan adakan kerjasama dengan mereka dalam memberikan gelar internasional. Dengan adanya dua gelar itu penting sekali. Saat, mereka anak-anak kita menjadi pegawai negeri atau bekerja didalam negeri bisa menggunakan S1 ITB STIKOM Bali itu sendiri,” terangnya.

Namun, jika mereka bekerja dengan pihak-pihak luar negeri, baik diluar negeri maupun dalam negeri yang berkelas internasional, mereka menggunakan gelar internasional.

Oleh karena itu, pihaknya mendukung semua fasilitas mereka dalam dunia pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kedepan memang penelitian itu sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, baik dosen, mahasiswa maupun staf yang ada. Jadi, Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar akan tetap mendukungnya supaya program-program ini menjadi berhasil dan sukses,” pungkasnya.

Patut diketahui, dua orang dosen VAR University Thailand, yaitu Dr.Atchima Manthon dan Dr. Natradee Anupong memberikan kuliah dengan moderator Dr. Evi Triandini.

Sebagai salah satu Dosen ITB STIKOM Bali, Dr. Evi Triandini mengatakan kedua dosen dari VAR University Thailand menyampaikan hasil riset penelitian terkait aplikasi untuk memberikan pendampingan bimbingan kepada mahasiswa dan implementasi IT bagi masyarakat.

“Dari kami selaku dosen dan juga mahasiswa bisa saja apa yang sudah mereka kerjakan di kampusnya bisa diterapkan juga di kampus kita dan juga memberikan manfaat bagi masyarakat Bali terkait dengan penerapan IT,” tutupnya. (ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button