Hukum

WNA Asal Rusia Dideportasi

JBM.co.id, Denpasar – 1 (satu) orang deteni, berinisial SC, berjenis kelamin laki-laki, yang merupakan WNA (Warga Negara Asing) asal Rusia dideportasi ke Negara Asalnya, pada Rabu (15/9/2021).

Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk mengungkapkan, WNA asal Rusia tersebut, melanggar Pasal 75 Ayat (1) UU RI No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian jo. Pasal 113 Ayat (1) Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dijelaskan, WNA asal Rusia tersebut, masuk ke Indonesia, pada tanggal 26 April 2012 dan masuk ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, sejak tanggal 10 juli 2021, sebelum akhirnya dideportasi.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Bagi Andikpas LPKA Kelas II Karangasem

Lebih lanjut, Kakanwil Jamaruli Manihuruk memaparkan, kegiatan pendeportasian dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan melaksanakan tes RT-PCR (deteni) dan Rapid Antigen kepada petugas pengawalan (2 petugas), dengan hasil negatif.

Pada pukul 09.45 Wita, lanjutnya, petugas berangkat dari Rumah Detensi Imigrasi Denpasar menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan tiba Pukul 10.15 Wita.

Selanjutnya, boarding pada pukul 11.40 WITA, dengan maskapai penerbangan Batik Air nomor penerbangan ID 6051 tujuan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Baca Juga :  BPK Segera Bongkar Bobrok Jiwasraya ke Publik

Lebih lanjut, dipaparkan, petugas bersama WNA asal Rusia mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Terminal 2E Domestik, pada pukul 13.05 WIB, yang kemudian menaiki Shuttle Bus menuju Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tiba di Terminal 3, pada pukul 14.20 WIB dan menunggu di sekitar area Check In Counter Pesawat Turkish Airlines, pada pukul 17.05 WIB. Selanjutnya, petugas dibantu oleh pihak Turkish Airlines melakukan Check In.

Baca Juga :  Dirjen Administrasi Hukum Umum Beri Arahan pada Notaris Bali Terkait Kebijakan Kenotariatan dan Pelaporan "Pemilik Manfaat"

Setelah itu, petugas melakukan serah terima deteni dan berkas pendeportasi di tempat pemeriksaan imigrasi, yang diterima oleh pejabat imigrasi.

“Kegiatan dilanjutkan dengan mengantar yang bersangkutan menuju Gate 7
untuk boarding pada pukul 20.05 WIB, melalui pintu keberangkatan Gate 7, dengan nomor penerbangan TK 0057 yang take off pada pukul 21.05 WIB tujuan ST Petersburg Moscow”, pungkasnya. (Red/Ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: