JBM.co.id, Klungkung – Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan dari APSI bersama PEMKAB Klungkung kepada para petugas pemilah sampah.

“Terima kasih kepada para petugas dimana TOSS Center kini telah berkembang dan kinerja di TOSS center juga semakin meningkat. Bantuan CSR dari APSI ini merupakan apresiasi atas jerih payah dari semua petugas.

Semoga bantuan ini dapat meringankan beban kebutuhan ditengah menyambut hari raya Galungan dan Kuningan.” Ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta mengatakan, kedepannya akan dirancang konsep supaya TOSS Center bisa terus beroperasi meskipun telah berganti kepemimpinan.

Saat ini, output dari TOSS Center berupa pupuk kompos dari sampah organik dirasa masih sangat kurang untuk memenuhi 60 hektar sawah, yang diperkirakan membutuhkan 300 ton kompos.

Solusinya ke depan akan dibangun lagi ruang pengolahan sampah organik di TOSS Center untuk meningkatkan kapasitas produksi kompos.

Pengelolaan TOSS Center di bawah Koperasi diharapkan akan membuat pemilahan sampah menjadi lebih rapi. Koperasi juga dipastikan tidak hanya mengejar keuntungan, namun lebih fokus dalam mensejahterakan anggotanya, yakni para pekerja di TOSS Center.

“Terimakasih juga atas dukungan APSI dan Indonesia Power dalam pengembangan TOSS Center. Saya yakin TOSS Center akan berkembang menjadi sesuatu yang menarik.” Ujar Bupati Suwirta optimis.

Sementara itu Ketua DPD APSI Bali, NTB dan NTT, I Putu Ivan Yunatana SE. turut menyampaikan terima kasih karena diijinkan ikut serta dalam mensukseskan program penanganan sampah plastik di Kabupaten Klungkung.

Selaku ketua APSI Bali, NTB dan NTT pihaknya mengakui kemampuan petugas pemilah sampah sudah semakin meningkat semenjak TOSS berdiri.

“Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para petugas yang telah dengan semangat menjadi garis depan dalam pemilahan sampah di toss center.

Semoga ke depan semakin banyak sampah plastik di lapangan bisa dikumpulkan sekaligus menjadikan Klungkung bisa bebas dari sampah plastik.

Ini akan menjadi momentum untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi demi Kabupaten Klungkung,” ujar I Putu Ivan Yunatana SE.

Dalam kegiatan ini sebanyak 67 orang petugas TOSS center menerima bantuan sembako ini. Bantuan terdiri atas beras 25 kg, minyak goreng 5 liter, kopi gula, garam Kusamba beryodium dan mie instan.

Turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana dan perwakilan dari Indonesia Power. (Red/Jbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here