BangliBeritaDaerahGaya HidupPemerintahanPendidikan

Bupati Bangli Sedana Arta Buka Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Bangli 2024

Jbm.co.id-BANGLI | Bupati Bangli Sedana Arta membuka acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana Kabupaten Bangli di Ruang Rapat Bukti Mukti Bhakti Kantor Bupati Bangli, Minggu, 7 April 2024.

Dalam sambutannya, Sedana Arta mengatakan perkembangan teknologi membuat para GenRe di dunia pola pikirnya semakin maju dan modern sehingga dunia bisa dikendalikan hanya lewat jempol saja. Namun, disisi lain juga terdapat hal yang negatif, yang bilamana anak muda harus benar-benar bisa memahami tekhnologi, guna bermanfaat bagi kehidupan.

“Jika kita lihat, generasi muda saat ini 90 persen kesehariannya hanya memegang gadget, makanya saya tekankan agar para orang tua lebih mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai perkembangan teknologi yang seharusnya membuat dampak positif malah bisa terbawa ke arah negatif,” katanya.

Advertisement

Ditambahkan, perkembangan teknologi ini juga merupakan bentuk penjajahan baru ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi yang memang sengaja dirancang oleh mereka yang terlebih dahulu menguasai perkembangan artificial intelejen itu sendiri.

Maka dari itu, pemahaman terhadap seluruh norma etika dan kesopanan harus diajarkan dengan baik oleh orang tuanya sendiri agar bisa lebih siap untuk menerima kompetisi dan tantangan yang lebih ketat dalam kehidupan mereka ke depan.

Sementara itu, Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Ni Made Ari Listiani mengatakan BKKBN adalah salah satu instansi yang berperan aktif membantu maupun membina dan mempersiapkan masa depan remaja, agar dapat merencanakan kehidupan berkeluarga serta menjawab tantangan yang terjadi kepada remaja.

Program GenRe merupakan salah satu program dari BKKBN dalam rangka mempersiapkan kehidupan dalam berkeluarga pada remaja sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarier dalam pekerjaan serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai sirkulasi kesehatan reproduksi.

“Sebagai orangtua tentunya kita tidak ingin para remajanya melakukan seks bebas, pernikahan diusia dini ataupun bermasalah dengan narkoba dan yang lainnya. Untuk mewujudkan remaja yang bisa menjadi panutan dan tauladan bagi teman sebayanya, perlu membentuk dan memilih duta GenRe diantara para remaja agar bisa mencerminkan dan merefleksikan remaja yang sehat, cerdas dan ceria,” ujarnya.

Ketua Forum GenRe Kabupaten Bangli Ni Putu Reyna Pricilia P dalam kesempatan itu juga mengatakan PILDUGEN, yang merupakan singkatan dari pemilihan Duta GenRe adalah sebuah program di Indonesia yang bertujuan untuk memilih remaja putra dan putri yang akan menjadi figur teladan dan motivator bagi generasi muda. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan wawasan tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan lingkungan yang bebas dari narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS’.

Disebutkan, PILDUGEN BANGLI mengusung tema “KRYA ANANDA SHANTI” yang secara singkatnya memiliki makna tindakan yg dilakukan selalu memberikan kebahagiaan dan kedamaian dalam upaya saling merangkul dan memupuk rasa kemanusiaan.

Ditambahkan, Duta GenRe memiliki beberapa peran kunci, seperti Penggerak Kesadaran Kesehatan Reproduksi, Pemberi Inspirasi, Pembina Karakter dan Etika, Pendukung Pendidikan, Promotor Kesehatan Mental, Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kehidupan remaja dan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh hadirin untuk berkenan mengikuti PILDUGEB ini dengan penuh semangat, antusiasme dan tanggung jawab dan mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik- baiknya untuk meningkatkan kualitas diri kita sebagai generasi penerus bangsa,” tutupnya.

Pelaksanaan Grand Final Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten, yang diikuti oleh Perwakilan PIK-R Desa dan Perwakilan Sekolah tingkat SMA/SMK seKabupaten Bangli, Dewan juri telah melaksanakan penilaian dengan cermat meliputi sikap dan kepercayaan diri, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan, orisinalitas dan inovatif jawaban.

Dengan terpilihlah Kategori Putra untuk posisi pertama diraih I Putu Sudiarsa SMAN 1 Bangli dengan nilai 420,3, posisi ke Dua I Putu Adiarta SMAN 1 Kintamani dengan nilai 414,1 dan posisi ketiga diraih oleh I Gede Rahardi SMAN 1 Susut dengan nilai 410,8.

Kemudian, untuk Kategori Putri Peringkat Pertama yaitu Putu Isyana Gayatri dengan nilai 427,3 SMAN 1 Bangli, kemudian posisi ke Dua Ni Luh Suci Parwati SMKN 1 Susut dengan nilai 402,1 dan posisi ke Tiga Ni Kadek Ary Ragita SMAN 1 Kintamani dengan nilai 394,4.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ketut Suastika, Ketua TP PKK Bangli, Kepala Dinas PMDPPKB Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangli, Kementrian Agama Kabupaten Bangli, Satgas Stunting Provinsi Bali Di Bangli, Kepala Sekolah SMA/SMK Provinsi Bali Lingkup Kabupaten Bangli, Ketua LPKB Bangli, Perwakilan Forum Genre se-Bali, para Dewan Juri Pemilihan Duta Genre 2024, Para Finalis Duta Genre Kabupaten Bangli serta undangan lainnya. (ST.Rencana).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button