Berita

KPK SEBUT PRESIDEN JOKOWI PERHATIAN KHUSUS 2 KASUS BESAR DI KPK

“Sejauh ini memang ada dua kasus yang menjadi concern Presiden dan sejumlah pihak sudah kami tangani,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif kepada wartawan, Selasa (12/11/2019).

Syarif menyebutkan 2 kasus yang disoroti khusus Jokowi adalah kasus korupsi terkait pembelian helikopter Augusta-Westland (AW) 101 dan kasus Petral atau Pertamina Energy Service Ltd (PES). Penanganan dua kasus itu disebut Syarif memiliki karakteristik sendiri.

“Kasus pembelian heli AW-101. Penanganan kasus ini perlu kerja sama yang kuat antara KPK dan POM TNI,” ucap Syarif.

“Kasus PES /Petral, perkara ini sedang dalam proses penyidikan oleh KPK. Satu orang tersangka telah ditetapkan. Dalam perkara ini, kami membutuhkan penelusuran bukti lintas negara sehingga perlu kerja sama internasional yang kuat,” imbuh Syarif.

Sementara untuk kasus helikopter AW-101, Syarif mengatakan KPK sudah menetapkan pihak swasta dan POM TNI untuk menangani tersangka dengan latar belakang militer, sampai saat ini KPK sedang menunggu hasil audit kerugian keuangan negara yang sedang dihitung BPK.

“Jadi kasus ini sangat tergantung pada keterbukaan dan kesungguhan TNI. Pihak swastanya sudah/tengah ditangani oleh KPK. Khusus untuk kasus ini kami mengharapkan dukungan penuh Presiden dan Menko Polhukam karena kasusnya sebenarnya tidak susah kalau ada kemauan dari TNI dan BPK,” tutur dia.

Terkait kasus yang menjerat mantan Managing Director Pertamina Energy Service Ltd (PES) Bambang Irianto, KPK perlu penelusuran bukti lintas negara dan melibatkan beberapa perusahaan.

“Perlu disampaikan bahwa kasus ini melibatkan beberapa negara (Indonesia-Thailand-United Arab Emirate-Singapore-British Virgin Island) dan sayangnya hanya dua negara yang mau membantu, sedang dua negara lain tidak kooperatif. Kesulitan lain karena kasus ini melibatkan sejumlah ‘perusahaan cangkang’ di beberapa negara ‘save heaven’, seperti BVI,” imbuh Syarif.

Syarif berharap semua pihak dapat mendukung penanganan perkara tersebut. Penanganan kasus korupsi juga perlu alat bukti yang kuat.

“Lebih dari itu, perlu dipahami, penanganan perkara korupsi tentu harus didasarkan pada alat bukti. Dan kemampuan memperoleh alat bukti sangat dipengaruhi oleh kewenangan yang diberikan UU serta sikap kooperatif pihak-pihak yang dipanggil KPK,” kata Syarif.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyampaikan Presiden Jokowi pernah melaporkan kasus besar ke KPK tetapi tidak pernah diungkap. Pernyataan Mahfud itu disampaikannya saat mengundang para pakar dan tokoh masyarakat ke kantornya pada Senin (11/11) malam. Mahfud menyebut Jokowi memiliki komitmen kuat dalam memberantas korupsi. Hal itu disampaikan Jokowi kepadanya saat menunjuknya sebagai Menko Polhukam.

“Itu Presiden mengatakan kita sudah berusaha sungguh-sungguh tapi coba ke depannya ini, pemberantasan korupsi lebih hadir, lebih kuat. Caranya apa? Korupsi korupsi besar itu diungkap. Presiden menunjukkan, menyampaikan laporan ke KPK, ini, ini, ini tapi nggak terungkap. Coba sekarang diperkuat itu kejaksaan, kepolisian,” kata Mahfud dalam sambutannya itu.

Mendengar itu, Syarif mengaku belum tahu secara spesifik kasus besar apa yang dimaksud Mahfud. Meski begitu, Syarif menyebut di KPK ada kasus besar yang mendapatkan perhatian khusus dari Jokowi.

“Dari apa yang disampaikan Menko Polhukam di salah satu acara yang terbuka untuk umum kemarin kita belum mengetahui kasus apa yang dimaksud. Tapi silakan datang ke KPK jika memang ada yang perlu diketahui penanganannya,” kata Syarif.

“Karena data-data pelaporan, termasuk informasi siapa pelapor menurut perundang-undangan harus dirahasiakan,” imbuhnya.

Jbm.co.id/ins/asep

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

9 Comments

  1. This iss the riɡht website forr еveryone ԝһo wantѕ tⲟ find
    out about tһis topic. You knoԝ so muⅽh iits ɑlmost hɑrd tо argue witһ yߋu
    (not tһаt I personally will need to…HaHa).
    Υou defnitely put a brand nnew spin οn a subject that’ѕ been writtеn about fоr yеars.
    Wonderful stuff, justt excellent!

    Feel free tо visit my pagе … Спіймай мене

  2. 41177 301390We are a group of volunteers and opening a new system in our community. Your web internet site given us with valuable info to work on. Youve done an impressive job and our entire community will likely be grateful to you. 279166

  3. 694091 433461Currently it seems like BlogEngine is the finest blogging platform out there correct now. (from what Ive read) Is that what youre employing on your weblog? 438493

  4. 798668 598756Exceptional post. I was checking constantly this blog and Im impressed! Really useful info specially the last part I care for such information a lot. I was seeking this specific information for a long time. Thank you and finest of luck. 472276

  5. 273853 921036Wow, awesome weblog structure! How long have you been running a weblog for? you created blogging appear simple. The total appear of your website is wonderful, let alone the content material material! 395910

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button