Program Sejuta Rumah, Himpera Property Expo 2019 Tawarkan Rumah Tanpa Biaya Administrasi

3 min read

Ket foto : Ketua DPD Himpera Bali Wayan Jayantara(kiri) pada pembukaan Property Expo 2019 di Level 21 Mall, Denpasar, Senin (19/8/2019).

Spread the love

Denpasar, JBM – Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) siapkan 400 rumah bagi krama Bali dalam acara Property Expo yang dilaksanakan tanggal 19-25 Agustus 2019 di Level 21 Mall, Denpasar. Pameran diikuti 30 anggota Himperra dengan menawarkan 300 unit rumah MBR (rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah) serta 100 unit untuk rumah non subsidi. “Dari 80 anggota Himperra, kali ini pameran diikuti 30 anggota yang sebagian besar milenial. Target realisasi untuk pameran hari ini sampai tanggal 25 Agustus sekitar 400 unit,” jelas Ketua DPD Himpera Bali Wayan Jayantara pada acara pembukaan pameran, Senin (19/8/2019).

Wayan Jayantara optimis seluruh rumah yang ditawarkan dalam pameran akan habis terjual mengingat tingginya back log akan perumahan di tanah air utamanya di Bali. Dijelaskannya program sejuta rumah masih menemukan kendala karena untuk tahun ini target pemerintan masih tersisa sekitar 14 ribu unit sementara untuk di Bali saja back log mencapai 200 ribu unit. Untuk itulah pada pameran ini Himperra kembali mendorong pemerintah Provinsi Bali agar memfasilitasi kerjasama dengan pemerintah daerah dalam penyediaan lahan yang terjangkau. Selama tujuh hari pameran para pengembang juga memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiki rumah berupa bebas biaya administrasi hingga uang muka yang sangat kecil.

Baca Juga :  Presiden Minta PSBB di 4 Provinsi serta 22 Kabupaten/Kota Diterapkan Secara Ketat dan Efektif

“Kesempatan tujuh hari kami pameran, pengembang memberikan berbagai kemudahan hingga bebas biaya administrasi mengenai pembelian. Ada uang muka yang seminim mungkin yaitu satu persen sudah bisa memiliki rumah. Kami harapkan kesempatan ini dimamfaatkan krama Bali untuk bisa mendapatkan rumah murah atau rumah yang non subsidi. Banyak rumah yang ditawarkan di Singaraja, tabanan ada beberapa, klungkung sedikit, Karangasem juga ada. Semua kabupaten ada kecuali di Bading dan Kodya Denpasar. MBR harganya Rp 158 juta dengan uang muka satu persen sudah cukup untuk memiliki rumah,” jelasnya.

Baca Juga :  POLDA METRO BENTUK TIM KHUSUS UNTUK SEGERA MENGUNGKAP KASUS TEWASNYA EDITOR METRO TV

Ketua Umun DPP Himperra Endang Kawijaya dalam kesempatan tersebut mengakui program sejuta rumah tahun ini tidak sebaik tahun lalu. Dijelaskannya tahun 2018 realisasi capaian hingga 256 ribu seluruh Indinesia. Sementara tahun ini ada anggaran membangun rumah MBR 168 ribu unit sehingga kesempatan ini harus dimamfaatkan bagi masyatakat yang ingin memiliki rumah. Kondisi properti di tahun 2019 juga terkoreksi dengan baik sehingga harga rumah kembali stabil seperti harga beberapa tahun lalu. “Bali sekarang harga rumah MBR Rp 158 juta untuk subsidi, sama dengan Jabodetabek. Refleksi dari mahalnya harga tanah di Bali, kalu di Jawa hanya Rp 140 juta. Sekarang terjadi keseimbangan yang pas, masih terjangkau dan masih menguntungkan,” ungkapnya seraya mengatakan di Bali penjualan bisa dilakukan dengan kondisi semi finising karena banyak pembeli ingin menyesuaikan dengan ciri asitektur Bali.

Baca Juga :  GELAR TREK-TREKAN, 11 PEMBALAP LIAR DITANGKAP POLISI

Pada Himpera Property Expo 2019 pengembang menawarkan rumah non subsidi dengan harga menarik. Penurunan harga tanah yang terkoreksi hingga 30 persen juga menjadi alasan banyak rumah yang dijual berada pada kisaran Rp 300-500 juta. Kondisi ini sekaligus menjadikan harga properti lebih ideal dimana sebelumnya pada tahun 2014 harga properti di Bali melambung tinggi. Dengan target penjualan hingga 400 unit, kegiatan ini sekaligus menunjukkan komitmen DPD Himperra Bali yang beranggotakan 80 pengembang ini tetap menjadi asosiasi pencetak KPR tertinggi yakni di angka 78 persen. Pada acara penutupan pameran juga akan diisi penyerahan tiga unit rumah kepada atlit dan pensiunan atlit dari anghota Himperra yang direncanakan akan diterima langsung Wakil Gubernur Bali Cok Ace. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | W2B by JBM.CO.ID.