Sistem PDN Terkendala, Imigrasi Tetap Berikan Pelayanan Seoptimal Mungkin
Jbm.co.id-JAKARTA | Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Kantor Imigrasi, Unit Layanan Paspor dan Unit Kerja Keimigrasian serta Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) pada bandar udara dan pelabuhan, untuk sementara mengalami kendala layanan Keimigrasian.
Disebutkan, hal tersebut sebagai imbas dari gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang berlangsung, Kamis, 20 Juni 2024.
“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim.
Adapun masyarakat yang berada di bandar udara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi.
Dirjen Imigrasi mengatakan, meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin, agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan.
Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa.
Meski demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.
“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” pungkasnya. (red).