BeritaGaya HidupKesehatan

Begini Cara Merawat Sepatu Lari yang Benar dan Tahan Lama

BADUNG, jarrakposbali.com | Baru beli sepatu lari yang keren dan harganya cukup tinggi? Lalu, Anda ingin tahu cara merawat sepatu lari yang benar agar sepatu lari yang Anda beli bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama?

Merawat sepatu on running memang tidak bisa sembarangan. Jika salah-salah memakainya, sepatu lari berpotensi jadi cepat rusak. Sepatu lari yang sudah Anda beli dengan harga cukup tinggi itu pun akhirnya jadi tidak bisa bertahan untuk waktu yang lama. Anda tentu tidak ingin ini terjadi, bukan? Karena itu, berikut tips dan cara merawat sepatu lari yang benar untuk Anda.

Tips Merawat Sepatu Lari yang Benar dan Awet

Advertisement

1. Miliki Dua Pasang Sepatu Lari

Anda disarankan untuk memiliki dua pasang sepatu jika ingin punya sepatu lari yang awet. Pasalnya, setelah pemakaian yang intens, midsole di dalam sepatu akan tertekan dan menjadi lembap sehingga membutuhkan waktu beberapa jam untuk kembali ke bentuknya semula.

2. Membersihkan Sepatu

Jangan pernah membiarkan sepatu lari dalam keadaan kotor terlalu lama setelah pemakaian. Sebab, sepatu yang dibiarkan kotor penuh lumpur dan keringat dapat mengurangi kualitas karet yang ada di sol sepatu. Selain itu, hal itu juga dapat menumbuh-kembangkan jamur sehingga sepatu jadi bau.

Karena itu, penting untuk membersihkan sepatu setelah pemakaian. Tidak perlu langsung membersihkannya setelah pemakaian, yang penting Anda tidak membiarkannya dalam keadaan kotor terlalu lama.

3. Mencuci Sepatu

Selalu cuci sepatu lari Anda secara rutin agar kebersihannya terjaga. Anda bisa mencuci sepatu lari dengan lap, sikat gigi, sabun yang lembut, dan air hangat. Lalu menjemurnya dengan cara diangin-anginkan (bukan disinari cahaya matahari langsung).

Jangan pernah mencuci sepatu menggunakan mesin cuci karena hal itu dapat mengurangi kelekatan lem yang membuat sepatu jadi robek dan rusak jahitannya.

Selain itu, pastikan Anda mengetahui karakteristik dari sepatu tersebut karena akan berbeda penanganannya. Sepatu merek On-Running misalnya, ada yang tidak direkomendasikan untuk dicuci terlalu sering. Atau sepatu dengan bahan tertentu, memiliki deterjen khusus untuk membersihkannya.(feby/megga).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button