BeritaDaerahHukum dan KriminalKarangasemPemerintahanPolitik

Kisruh Bawaslu Karangasem, Rudia: Sebaiknya Mundur Saja, Kok Kelas Seperti Ini Lolos Sebagai Bawaslu

Jbm.co.id-KARANGASEM | Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Rudia akhirnya angkat bicara terkait kisruh yang terjadi dijajaran Bawaslu karangasem, terkait hasil exiting terhadap jajaran panwascam. Dimana mengakibatkan ketua Panwascam sidemen harus terlempar alias tidak lolos.

Diduga Ketua Panwascam Sidemen tidak lolos, karena kesalahannya memberikan rekomendasi membuka kotak suara saat terjadi indikasi kecurangan disalah satu TPS.

Rudia mengatakan kalau apa yang dilakukan Panwascam Sidemen sudah benar.

Advertisement

Rekomendasi yang dikeluarkan sudah tepat, terlebih saksi-saksi dari partai politik mengusulkan begitu dan setelah dibuka benar saja ada pergeseran suara.

Mestinya Panwascam Sidemen mendapatkan apresiasi. “Ini malah disalahkan? Aneh,” ujar pria yang sudah malang melintang pada dunia pengawasan kepemiluan ini.

“Saya sarankan sebaiknya anggota Bawaslu karangasem tersebut mundur saja, jelas jelas tidak memahami tupoksi panwascam,” ujar pria yang juga mantan wartawan ini.

“Kelas-kelas seperti ini kok bisa lolos sebagai Bawaslu, malu saya,” tambahnya. Karena apa yang dilakukan jelas sudah tidak memahami tugas dan wewenang Panwascam.

Rudia menyarankan kawan kawan Panwascam yang tidak lolos eksisting melaporkan saja ke DKPP. Ini penting dilakukan untuk menguji profesionalisme Bawaslu Karangasem.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Karangasem I Gede Ari Ardana Putra mengatakan tidak ada kaitannya antara TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dari hasil eksisting Panwascam. “Tidak ada kaitannya eksisting dengan rekomendasi buka kotak,” ujar Ari.

Ari kembali menjelaskan dua hal itu adalah hal yang berbeda dan minta jangan dikait-kaitkan. “Tidak ada hubungan rekomendasi buka kotak suara dengan evaluasi,” tambahnya.

Ari mengajak wartawan koran ini untuk bertemu guna kompermasi lebih lanjut. “Mending ketemu saja kalau mau konfirmasi nggih,” ujarnya.(jb).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button