BadungBeritaDaerahSeni Budaya

Sekda Adi Arnawa Buka Parade Kidung Desa Munggu

Jbm.co.id-BADUNG | Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung menghadiri sekaligus membuka Parade Kidung Desa Munggu Tahun 2023 dengan ditandai menarikan Kayon Wayang kulit yang diiringi dengan Gong Geguntangan “Masadena Kidung Nincapang Sradha Bhakti Ring Widhi”, bertempat di Wantilan Pura Puseh dan Pura Desa, Desa Adat Munggu Mengwi, Minggu, 2 Juli 2023.

Parade Kidung yang bertemakan “Satyam Shivam Sundaram” (Bhakti Ring Widhi Melarapan Kidung) ini turut dihadiri Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Perwakilan OPD terkait di Pemkab Badung, Perwakilan Widya Sabha Kabupaten Badung dan Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Munggu I Ketut Darta, Ketua Widya Sabha Desa Munggu I Made Suardana, Bendesa Adat Munggu serta tokoh masyarakat setempat.

Foto: Sekda Adi Arnawa membuka Parade Kidung Desa Munggu Tahun 2023 di Wantilan Pura Puseh dan Pura Desa, Desa Adat Munggu Mengwi, Minggu, 2 Juli 2023.

Adapun Tim pengamat dalam parade ini diantaranya Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Selat Wirata, Ketua Widya Sabha Kecamatan Mengwi I Nyoman Aris, dan Widya Sabha Kabupaten Badung Dewa Putu Gingsir.

Advertisement

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan dana motivasi sebesar Rp 15 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Sekda Adi Arnawa.

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa menyampaikan rasa bangganya, karena Desa Munggu ini sudah bisa menganggarkan dari APBDes dalam melaksanakan kegiatan Widya Sabha Parada Kidung Desa Munggu. Dan ini tantangan kedepan buat Widya Sabha Kabupaten Badung untuk menindaklanjuti dan mendorong desa-desa yang lain untuk ikut serta membuat program seperti ini, karena ini sangat mendorong kegiatan adat, seni, dan budaya yang ada di Badung, Bali pada umumnya.

“Untuk kedepan harus kita sisihkan semacam monotory di kabupaten, di desa ini agar menyisihkan anggaran untuk mendukung adat, seni, dan budaya untuk selalu dilestarikan apalagi tamu mancanegara datang ke Bali, karena tertarik dengan adat budaya kita yang ada disini bukan hanya melihat pantai. Yang utama adalah budaya, maka dari itu budaya ini harus tetap kita jaga, kembangkan dan lestarikan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sekda Adi Arnawa menyampaikan kegiatan seperti ini sangat mendukung untuk pelestarian adat seni dan budaya karena adat seni dan budaya sangat menarik bagi tamu mancanegara untuk berlibur ke Bali.

“Semakin banyak datang tamu mancanegara, semakin banyak pula pendapatan kita untuk Kabupaten Badung apalagi program Pemerintah Kabupaten Badung selalu pro rakyat untuk meringankan beban masyarakat dalam kegiatan di adat dan di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Parade Kidung yang juga Ketua Widya Sabha Desa Munggu I Made Suardana mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Sekda Adi Arnawa bersama undangan lainnya. Dilaporkan bahwa Desa Munggu melaksanakan kegiatan Parade Kidung yang diikuti oleh 13 Banjar dari 3 Desa adat yang ada di Desa Munggu.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini, Widya Sabha Desa Munggu sangat didukung oleh Pemerintahan Desa Munggu dan dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat lainnya apalagi Desa Munggu sudah mewakili ajang lomba di tingkat kecamatan mendapatkan juara satu, di Kabupaten Badung dan juga maju mewakili Kabupaten Badung ke Provinsi juga mendapatkan juara satu.

‚ÄúDalam kegiatan kali ini, kami dari Widya Sabha Desa Munggu sudah turun kelapangan untuk melakukan pembinaan kepada sekaa-sekaa kidung yang ada di masing-masing banjar. Setelah sekian kali terjun untuk kami bina dan sekarang kami adakan kegiatan parade kidung antar sekaa kidung yang ada di masing-masing banjar dari 13 Banjar yang ada di 3 Desa Adat di Desa Munggu,” jelasnya. (hms/dw).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button