BeritaDaerahLingkungan Hidup

Kodim Tabanan Gelar Latbakjatri Jaga Naluri Tempur Prajurit

Jbm.co.id-TABANAN | Kodim 1619/Tabanan menggelar Latbakjatri atau Latihan Menembak Senjata Ringan pada triwulan III tahun 2023, untuk tetap menjaga naluri tempur seorang prajurit TNI, Selasa, 8 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 1619/Tabanan baik Perwira maupun Bintara dan Tamtama di Lapangan Tembak Batliyon Zipur 18/Ykr Lingkungan Dauh Ume, Kelurahan Bitra, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., menyampaikan, bahwa Latbakjatri atau Latihan Menembak Senjata Ringan merupakan suatu program latihan yang harus dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak serta naluri tempur prajurit guna menghadapi tuntutan tugas di masa yang akan datang.

Advertisement

“Ini harus sering dilaksanakan mengingat bahwa menembak merupakan salah kemampuan dasar prajurit yang harus dikuasai dan dipelihara kemampuannya sehingga dapat tercapai prajurit yang handal dan profesional di bidangnya,” kata Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P.

Latihan menembak tidak hanya untuk prajurit yang masih berdinas di batalyon saja, akan tetapi semua prajurit TNI wajib mengikuti latihan menembak, termasuk didalamnya anggota Kodim 1619/Tabanan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku saat pelaksanaan kegiatan latihan tersebut.

‚ÄúLatihan ini merupakan uji kemampuan prajurit dalam menembak, guna menunjang tugas tugas kedepannya, berkat latihan yang dilaksanakan secara berjenjang, bertingkat dan berlanjut setiap triwulannya alhamdulillah anggota masih terpelihara kemampuan menembaknya,” terangnya.

Dandim mengaku bangga dengan hasil latihan menembak anggotanya dan berharap agar kemampuan tersebut tetap dijaga dan dikembangkan.

“Sehingga segala bentuk tugas yang diembankan, kita selalu siap, oleh karena itu ikuti latihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh dengan tetap mengikuti aturan yang ada,” ungkapnya.

Kapten I Nyoman Arya Kepakisan selaku Koordinator Materi juga menambahkan latihan menembak ini diikuti sebanyak 200 pemembak senjata ringan yang dilaksanakan selama 2 hari.

Dengan latihan menembak, selain untuk menjaga naluri tempur prajurit, juga untuk dapat melatih kedisiplinan, ketenangan dan kesabaran prajurit Kodim 1619/Tabanan yang merupakan Prajurit TNI yang memiliki tugas Teritorial di wilayah dengan bersentuhan langsung kepada masyarakat, oleh karena itu kesabaran dan ketegasan harus tetap terjaga dengan baik.

“Sebelum melaksanakan Latbakjatri, terlebih dahulu diadakan apel pengecekan sekaligus penyampaian bahwa latihan menembak merupakan program dari komando atas yang dijabarkan oleh satuan bawah ke dalam kalender latihan satuan,” kata Kapten I Nyoman Arya Kepakisan selaku Koordinator Materi. (kyn).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button