Imigrasi Tambah 100 Personel, Dampak Gangguan Sistem Perlintasan Bandara Soetta
Jbm.co.id-JAKARTA | Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta menambah 100 personel. Hal tersebut merespons antrean panjang imbas kendala layanan imigrasi yang terdampak gangguan teknis server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo.
“Hingga saat ini, sistem perlintasan di bandara dan pelabuhan belum dapat beroperasi normal. Untuk mengatasi situasi tersebut, kami menambah personel di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Saat ini, konter pemeriksaan di seluruh terminal kedatangan internasional sudah terisi penuh oleh petugas dan akan kami tambah dengan konter tambahan,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim saat mengecek antrean dan sistem pelayanan perlintasan Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Jumat malam, 21 Juni 2024.
Ditambahkan, saat ini kondisi antrean di TPI Bandara Soekarno-Hatta sudah lebih terkendali dibandingkan kemarin. Untuk mengurai antrean, line khusus haji di area kedatangan juga dibuka. Sementara ini, pemeriksaan keimigrasian dilakukan secara manual.
Petugas menerakan cap kedatangan dengan menuliskan keterangan tanggal, jam, nomor penerbangan, paraf petugas serta dilakukan dokumentasi (foto).
“Bagi Warga Negara Asing (WNA), dilakukan pula pencatatan nomor visa dan durasi izin tinggal,” terangnya.
“Sedangkan, untuk mengantisipasi melintasnya penumpang yang termasuk dalam daftar cekal, sistem passenger analysis unit telah beroperasi untuk memverifikasi seseorang masuk kedalam daftar cekal atau tidak dengan menggunakan kamera yang telah tersedia di setiap konter imigrasi,” lanjut Silmy.
Imigrasi juga menyediakan ruang tunggu tambahan dengan 100 tempat duduk bagi penumpang WNI maupun WNA yang ditempatkan di luar area pemeriksaan imigrasi, guna mengurangi penumpukan antrean pada jam sibuk. Bahkan, penumpang dapat mengambil air mineral gratis di ruang tunggu tersebut.
“Kendala kesisteman masih terus ditangani oleh tim dari Kementerian Kominfo. Imigrasi mengambil langkah-langkah untuk memaksimalkan layanan hingga sistem normal kembali,” tutupnya. (red).