BeritaDaerahHukum dan KriminalKlungkungPemerintahanPendidikanSosial

Kakanwil Kemenkumham Bali Tinjau Fasilitas di Rutan Klungkung

Jbm.co.id-KLUNGKUNG | Pramella Yunidar Pasaribu selaku Kakanwil Kemenkumham atau Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali melakukan Kunjungan Kerja ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Klungkung, Rabu, 10 Juli 2024.

Menurutnya, kunjungan ini bertujuan untuk memberikan penguatan dan pengarahan kepada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Taruna-Taruni Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POKTEKIP) di Rutan Klungkung dalam mewujudkan Pemasyarakatan maju dan berkualitas.

Turut hadir, Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, I Nyoman Mudana dan Plt. Kepala Rutan Klungkung, I Wayan Suwiantara.

Advertisement

Dalam arahannya, Kakanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu menyampaikan, bahwa Kantor Wilayah didalam melaksanakan fungsi pembinaan kepada ASN senantiasa menekankan pentingnya integritas, profesionalisme dan pelayanan prima dalam menjalankan tugas sebagai Petugas Pemasyarakatan.

“Tentu tidak putus-putusnya kami menyampaikan bahwa menjadi seorang pegawai hendaknya dapat menjalankan tugas sebagai ASN yang berkinerja tinggi dan dapat memahami tata nilai PASTI, dengan harapan seluruh pegawai dapat melakukan suatu perubahan yang besar untuk menjadi ASN yang lebih baik lagi di Kementerian Hukum dan HAM serta mampu mengedepankan inovasi yang selanjutnya menyalurkan seluruh ide pemikirannya kemudian dapat diwujudkan dalam proses pelaksanaannya di Rutan Klungkung ini,” kata Pramella.

Kakanwil Pramella juga menekankan pentingnya pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar mereka dapat kembali ke masyarakat sebagai insan yang berbudi luhur dan produktif.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai peningkatan pelatihan dan pembinaan, seperti pelatihan keterampilan kerja, pembinaan keagamaan serta pembinaan mental.

Selain memberikan penguatan dan pengarahan, Kakanwil Pramella juga menyempatkan untuk meninjau langsung berbagai fasilitas di Rutan Klungkung, seperti ruang tahanan, dapur, dan ruang layanan, yang penataan halaman Rutan perlu dikemas menjadi lebih asri, sehingga dapat meningkatkan kinerja ASN dan bagi WBP juga dapat merasakan bahwa mereka berada disini merupakan suatu proses pembinaan dan senantiasa bersinergi dengan stakeholder lainnya dalam penyampaian hal-hal yang dapat dijadikan kerja sama dalam program pembinaan kedepannya.

“Dengan tema Pemasyarakatan PASTI Berdampak, diharapkan dapat berdampak bagi kinerja ASN juga berdampak bagi warga binaan yang nantinya dapat menyatu kembali di tengah-tengah masyarakat dengan baik,” tutupnya.

Kunjungan kerja Kakanwil Kemenkumham Bali ini disambut baik oleh Plt. Kepala Rutan Kelas IIB Klungkung, I Wayan Suwiantara.

Pada kesempatan tersebut, Wayan Suwiantara menyampaikan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Kakanwil dalam upaya meningkatkan kinerja ASN Rutan Klungkung.

“Kami berkomitmen untuk melaksanakan seluruh arahan dan bimbingan yang telah diberikan oleh Ibu Kakanwil. Kami yakin, dengan kerja keras dan kerjasama yang baik, Rutan Klungkung akan terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Suwiantara

Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Bali ke Rutan Kelas IIB Klungkung ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat baru bagi seluruh petugas dalam menjalankan tugasnya.

“Dengan demikian, pelayanan pemasyarakatan di Rutan Klungkung dapat semakin berkualitas dan memberikan manfaat yang optimal bagi Warga Binaan dan masyarakat,” pungkasnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button