BadungBeritaDaerahPemerintahanPolitik

Kapolsek Mengwi Hadiri Rapat Koordinasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Jbm.co.id-BADUNG | Kegiatan Rapat Koordinasi Kampanye Damai Pemilu tahun 2024 digelar di daerah hukum Polsek Mengwi, yang bertempat di Ruang Rapat Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Jalan I Gusti Ngurah Rai NomorĀ  112, Desa Werdibhuawana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Senin, 27 November 2023 pukul 10.00 WITA.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, S.STP., M.M., Kapolsek Mengwi Kompol I Ketut Adnyana T.J., S.Sos., S.H., M.M., Wakapolsek Mengwi AKP IB. Ketut Mantra, Batuud Peltu I Gst Nym Sudarma mewakili Danramil 1611/04 Mengwi, Ketua PPK Kecamatan Mengwi I Wayan Sudesna, Ketua Panwaslu Kecamatan Mengwi I Putu Wahyudi Cahaya Putra beserta anggota dan Danru Pol PP Kecamatan Mengwi I Nym Minduarta.

Selain itu, juga dihadiri Perwakilan Partai Politik meliputi Perwakilan Partai Perindo Anwar Dunlla, Perwakilan Partai PKB Muhammad Zaini, Perwakilan partai Gerindra IB Putu Parta, Perwakilan partai Demokrat I Ketut Yudawan dan Perwakilan Partai Nasdem I Nyoman Nurdana

Advertisement

Dalam sambutannya, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, S.STP., M.M., yang intinya menyampaikan seluruh undangan termasuk perwakilan dari masing-masing partai politik menghadiri acara Rakor Kampanye Damai Pemilu tahun 2024.

“Sebelum dilaksanakan kegiatan, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat Beliau kita bisa hadir dalam acara pada pagi hari ini,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berterima kasih atas gagasan atau inisiasi kegiatan yang dilakukan Kapolsek Mengwi pada hari ini.

Bahkan, disebutkan dari sekian tahapan Pemilu yang kita lalui sampai hari ini untuk situasi wilayah Mengwi masih tetap kondusif berkat kerjasama antara seluruh instansi terkait guna mensukseskan pemilu tahun 2024.

Selaku Camat di wilayah Mengwi yang merupakan juga wilayah pariwisata, pihaknya juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga situasi menjelang Pemilu menjadi tentram dan damai.

“Kami juga mengajak seluruh undangan yang hadir untuk menciptakan suasana yang damai di masyarakat dan jangan sampai terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang saat ini,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya apabila ada potensi-potensi kerawanan yang ada di wilayah mengwi agar selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan instansi terkait supaya tercipta Pemilu damai.

“Dalam perhelatan pemilu ini yang sudah sering kita laksanakan supaya bersama-sama mencegah sejak dini dan berpesan kepada seluruh ASN yang ada di pemerintahan untuk tetap menjaga netralitas. Untuk spirit dan motivasi kita kali ini agar pemilu berjalan dengan damai, santun dan lancar,” paparnya.

Foto: Kegiatan Rapat Koordinasi Kampanye Damai Pemilu tahun 2024 digelar di daerah hukum Polsek Mengwi, yang bertempat di Ruang Rapat Nagarabhakti Kantor Camat Mengwi, Jalan I Gusti Ngurah Rai Nomor 112, Desa Werdibhuawana, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Senin, 27 November 2023.

Sementara itu, Kapolsek Mengwi Kompol I Ketut Adnyana T.J., S.Sos., S.H., M.M., menyampaikan pada situasi menjelang pemilu 2024 dari berbagai partai politik akan melakukan berbagai kegiatan dan tentunya hal tersebut akan memberikan pengaruh pada perkembangan situasi kamtibmas, sehingga perlu adanya antisipasi terhadap situasi yang berkembang dalam pelaksanaan tahapan kampanye Pemilu 2023-2024.

“Pada pelaksanaan tahapan kampanye pemilu 2024 terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak menghambat penyelenggaraan tahapan kampanye pada pemilu 2024,” tegasnya.

Berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum, yang harus ditangani oleh Polri secara professional, transparan dan akuntabel terkait tindak pidana pemilu 2024.

Bahkan, Polri bekerjasama dengan kejaksaan dan Bawaslu, diharapkan dapat mengoptimalkan peran Sentra Gakkumdu, sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran pemilu akan yang terjadi.

“Oleh karena itu, dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya kegiatan kampanye pemilu 2024, Polri menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2023 – 2024″ di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum,” tambahnya.

Tak hanya itu, dalam rangka mengamankan tahapan kampanye pemilu 2024, seluruh pimpinan instansi terkait diharapkan mendukung pelaksanaan kegiatan pengamanan tahapan kampanye pemilu 2024 dalam mewujudkan stabilitas keamanan yang kondusif.

Lebih jauh dikatakan, situasi perkembangan suhu politik menjelang dan pada saat kampanye diperkirakan akan meningkat, sehingga pihaknya berupaya untuk menjaga keamanan yang lebih kondusif.

“Kedepankan langkah langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi sebagaimana harapan masyarakat perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan dan stakeholder terkait karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan pengamanan pemilu 2024,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan PPK Kecamatan,Mengwi, yang pada intinya menyampaikan untuk DPT yang ada di Kecamatan Mengwi berjumlah 102.219 pemilih yang tersebar di 383 TPS Kecamatan Mengwi.

“Kami berharap, mudah-mudahan penyelenggaraan Pemilu di Kecamatan Mengwi ini berjalan dengan baik. Kami sebagai penyelenggara tidak bisa bekerja sendiri mari kita bersama-sama bersinergi sehingga kegiatan tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan adem, sejuk, aman dan lancar,” harapnya.

Langkah-langkah antisipasi juga didukung Panwaslu Kecamatan Mengwi yang mengatakan sejumlah tahapan yang dilakukan, pihaknya selalu mengumpulkan atau mengupdate terkait dengan penambahan pemilih baru.

“Langkah kongkret yang telah kami lakukan, salah satunya yaitu memberikan surat himbauan yang diberikan oleh Bawaslu yang sudah kami berikan ke aparat desa yang ada di desa,” pungkasnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button