BeritaDaerahTNI

Sosialisasi Komponen Cadangan dan Edukasi Warga di Wilayah Kodim Tabanan

Jbm.co.id-TABANAN | Kodim 1619/Tabanan menggelar kegiatan sosialisasi Rekrutmen Personel Komando Cadangan Matra Darat, Laut, Udara tahun 2023 secara virtual dengan Narasumber dari Kementerian Pertahanan RI Direktur Sumberdaya Pertahanan, Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Fahrid Amran dan Kolonel Lek Dewa Gede Agung Putra (Han) Kasubdit SDM Dukhan Ditjen Pothan Kemhan.

Hadir pada kegiatan, yaitu Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan, S.I.P., Perwakilan Kasatpol PP Kabupaten Tabanan, Perwakilan Kesbangpol Kabupaten Tabanan, Perwakilan KA.Lapas Tabanan, Perumda Kabupaten Tabanan, BUMDES Desa Tunjuk dan BUMDES Desa Abiantuwung.

Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf. Riza Taufiq Hasan, S.I.P., mengatakan, bahwa sosialisasi Komponen Cadangan ini bukan merupakan untuk mencari pekerjaan, tetapi Negara membekali warga untuk bela negara. Dalam hal ini, Komcad dikelompokkan menjadi 3 Matra, yaitu Matra Darat, Matra Laut dan Matra Udara untuk dipilih oleh warga.

“Kegiatan sosialisasi rekrutmen personel Komando Cadangan ini adalah untuk
memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama,” kata Letkol Inf Riza Taufiq Hasan.

Untuk tahapan mulai dari pendaftaran, sosialisasi, pengumuman, pelamaran (online/offline), seleksi administrasi (online/offline), seleksi dan kompetisi. Bagi yang lulus, maka akan dilaksanakan Latsarmil selama 3 bulan dan usianya minimal 18 sampai dengan 28 tahun.

“Kemampuan dasar militer sama persis seperti TNI apabila nanti perang sudah siap. Latsarmil di Lemdik Kesatuan TNI AD, AL dan AU dan yang berhak mengerahkan Komcad adalah Bapak Presiden atas persetujuan DPR,” pungkasnya.

Hak Calon Komcad adalah uang saku selama pelatihan, kaporlap, Rawatan kesehatan, perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian (pasal 56 ayat 1 PP RI no b3 tahun 2021). Status Komcad bagi mahasiswa selama menjalani Latsarmil tetap mendapatkan hak akademisnya dan tidak menyebabkan kehilangan status sebagai peserta didik.

“Personel Komcad adalah sistem pertahanan keamanan rakyat semesta UU Nomer 3/ 2022 yang melibatkan seluruh warga Negara Indonesia,” pungkasnya. (kyn).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button