BeritaBreaking NewsDaerahHukumPeristiwa

Selesai Dibangun, Blok Hunian Lapas Kerobokan Diplaspas

Jbm.co.id-BADUNG | Setelah selesai dibangun, Blok Hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan melakukan dilakukan Upacara Melaspas, Jumat, 30 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Gun Gun Gunawan menyampaikan, bahwa pembangunan Blok Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan sebagai upaya dalam mengatasi kelebihan kapasitas hunian Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan.

Foto: Plh.Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali, Gun Gun Gunawan.

Disampaikan, bahwa hal ini merupakan Mitigasi Masalah yang selama ini dikeluhkan yaitu Overkapasitas. “Pimpinan kita telah mengambil suatu langkah dengan membuat peremajaan Gedung sesuai dengan kapasitas,” ujar Gun Gun Gunawan selaku Plh Kepala Kantor Wilayah.

Oleh karena itu, Gun Gun Gunawan berharap, agar Blok Hunian tersebut dapat segera digunakan dengan sebaik-baiknya, sesuai SOP yang berlaku.

Diakhir sambutannya, Gun Gun Gunawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajarannya, karena dapat menyelesaikan Pembangunan Lapas dengan baik dan sesuai dengan target. “Ini akan menjadi role model untuk pembangunan Lapas berikutnya” ucap Gun Gun Gunawan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Fikri Jaya Soebing dalam laporannya mengatakan, bahwa pembangunan Blok Hunian Lapas Kerobokan dilaksanakan selama 237 hari, mulai dari 9 Maret 2022 sampai dengan 16 Desember 2022 dengan management konstruksi dari PT Prima Karya Utama, Konsultan Perencanaan dari PT Narada Karya KSO, PT. Tri Maya Desain dan Pembangunan Fisik dari PT Etona Cemerlang.

Kalapas Fikri juga mengungkapkan, bahwa Sumber Dana Pembangunan Blok Hunian tersebut berasal dari DIPA Lapas Kerobokan Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 31 Milyar.

Disebutkan, Melaspas yaitu upacara pembersihan dan penyucian pada bangunan yang baru. Upacara Melaspas ini dipimpin oleh Ida Maha Rsi Siwa Natha.

“Pada saat prosesi Upacara Melaspas, Plh Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Administrasi berkesempatan juga mengikuti Upacara Mendem Pedangingan yang tujuannya untuk memfungsikan dan menghidupkan bangunan. Seluruh Prosesi Upacara Melaspas berlangsung dengan khidmat dan lancar,” pungkasnya.

Selain dihadiri Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Gun Gun Gunawan, turut hadir, Kepala Divisi Administrasi Mamur Saputra, para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Pejabat Administrasi, Pejabat Struktural pada Lapas Kelas IIA Kerobokan, Kontraktor, Konsultan Perencana, dan Konsultan Manajemen Konstruksi. (red).

 

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button