BeritaBreaking NewsDaerahLingkungan

Cuaca Ekstrem, Bandara Ngurah Rai Pastikan Pelayanan Terbaik Tetap Terjaga

Jbm.co.id-BADUNG | Meski menghadapi cuaca ekstrem, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali memastikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, mengatakan, kondisi cuaca ekstrem berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan (delay), baik di kedatangan maupun keberangkatan.

Salah satu upaya yang dilakukan, agar pelayanan tetap terjaga adalah bekerjasama dengan para stakeholder, yang salah satunya maskapai penerbangan, agar dapat melakukan tindakan pendaratan di bandara lain (divert) untuk menghindari holding yang cukup lama di ruang udara karena delay.

“Jika cuaca sudah membaik, pihak navigasi penerbangan, yakni AirNav akan memberikan arahan untuk mendahulukan penerbangan yang akan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali,” kata Handy Heryudhitiawan.

Menurut prakiraan Cuaca Stasiun Meteorologi Kelas-1 I Gusti Ngurah Rai Denpasar, terdapat cuaca ekstrem pada area Bali-Nusa Tenggara, terhitung pada 23 Desember hingga akhir tahun nanti, karena Badai Siklon Tropis Ellie.

Untuk itu, Bandara Bali juga akan semakin meningkatkan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam mengantisipasi terjadinya cuaca buruk yang bisa berdampak langsung terhadap keselamatan penerbangan.

“Pelayanan kepada penumpang menjadi prioritas utama kami. Karena itu, koordinasi kami dengan BMKG perlu ditingkatkan lagi untuk mengantisipasi hal yang terjadi, seperti hujan, angin kencang dan jarak pandang yang rendah yang memungkinkan berdampak pada operasional penerbangan,” paparnya.

Pada masa Posko Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali mencatat sebanyak 385 penerbangan dengan 55.161 penumpang domestik maupun internasional terjadi, tepat pada Hari Natal di 25 Desember lalu.

Sebagai informasi, terhitung mulai diterapkannya Posko Angkutan Udara Nataru pada 19-28 Desember 2022, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali telah melayani sebanyak 566.567 penumpang dengan rata-rata melayani 56.657 penumpang per hari. Dari jumlah itu, sebanyak 300.349 orang adalah penumpang domestik dan 266.218 orang adalah penumpang internasional.

Pada periode yang sama, disebutkan terdapat 3.776 pergerakan pesawat, yakni 2.265 domestik dan 1.511 internasional. Kemudian, terdapat 327 penambahan penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Lombok, Singapura dan Kuala Lumpur.

“Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali senantiasa memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa, seperti halnya menyediakan jalur khusus di area konter KKP dan Imigrasi (WNI, KITAS, KITAP, PMI, e-VOA) serta digitalisasi dokumen perjalanan dengan adanya penerapan Electronic Visa on Arrival (e-VOA), dan area Bea Cukai berupa penerapan Electronic Customs Declaration (e-ECD),” tutupnya. (red).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button