BeritaBreaking NewsDaerahSocial

Wakil Bupati Bangli Wayan Diar Hadiri Puncak Peringatan HUT DWP ke-23 di Kabupaten Bangli

Jbm.co.id-BANGLI | Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar didampingi Ny. Suciati Diar merayakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 di Kabupaten Bangli yang dipusatkan di Aula RSUD Bangli, Jumat, 9 Desember 2022.

Kegiatan tersebut, juga mencakup pengurus Darma Wanita Persatuan Kabupaten Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Direktur RSUD Bangli, Direktur Bank Daerah Bangli serta para Camat se-Kabupaten Bangli.

Ketua Panitia Peringatan HUT DWP ke-23 Kabupaten Bangli, Ny. I Dewa Agung P. Purnama dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan HUT Dharma Wanita Persatuan ini dilaksanakan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap organisasi serta sebagai wujud organisasi pendukung sebagai mitra pemerintah yang baik.

Adapun tema dalam peringatan HUT DWP ke-23 tahun 2022 ini adalah “Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”.

Pihaknya menambahkan, beberapa kegiatan telah dilaksanakan rangkaian HUT DWP, yang diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Kehen Bangli, 29 November 2022 lalu, donor darah yang diikuti oleh ASN dan anggota DWP, melakukan kunjungan serta memberikan bantuan alat permainan edukatif ke TK-TK binaan DWP di Kabupaten Bangli.

Selain itu, kami juga melakukan kegiatan bhakti sosial ke rumah korban tanah longsor dan korban banjir yang berlokasi di Lingkungan Sidembunut Kelurahan Cempaga, melakukan penyerahan paket sembako kepada 5 orang ASN dan Anggota DWP yang menderita sakit, perwakilan dari masing-masing Kecamatan, melakukan kegiatan pap smear yang diikuti oleh 29 orang anggota DWP yang dilaksanakan di RS.BMC Bangli, serta melaksanakan puncak peringatan HUT DWP ke-23 di aula RSUD Bangli pada hari ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan dalam sambutannya dibacakan oleh Ketua DWP Kabupaten Bangli Ny. Suardini Giri Putra menyebutkan, DWP adalah organisasi yang sudah menjadi layaknya rumah bagi kita semua, tempat kita berbagi serta bertukar gagasan dan semangat dalam memperkuat gerakan yang memberdayakan perempuan,” terangnya.

Disampaikan, dirinya sebagai Ketua Umum DWP merasa tersentuh, karena baru-baru ini membaca tentang narasi perjuangan perempuan Indonesia di masa lalu yang berorganisasi, bergotong royong untuk mewujudkan visi sehingga mampu mewujudkan Kongres perempuan pertama,
Pertemuan di saat itu adalah pertemuan akbar yang disaksikan oleh berbagai perkumpulan dan organisasi perempuan di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan, himbauan ingin mengajak semua pihak, agar mengingat landasan untuk kembali ke awal terbentuknya organisasi yang dicintai ini.

“Untuk memberikan ruang bagi perempuan untuk berhimpun, saling belajar dan mengembangkan diri, hingga mampu nyata untuk kemajuan keluarga dan masyarakat,” tulisnya.

Ditambahkan, tantangan yang dihadapi sekarang berbeda dengan tantangan yang dihadapi para perempuan di masa lalu. Namun, semangat kepemimpinan dan gotong royong untuk mewujudkan emansipasi perempuan dan kekuatan perempuan di dalam masyarakat untuk berkontribusi besar bagi keluarga sebagaimana telah diusahakan dulu. “Harus terus kita kembangkan, karena kita adalah penggerak keluarga dan masyarakat,” jelasnya.

Salah satu caranya, agar bisa melanjutkan semangat ini, ditambah, dengan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri masing-masing.

“Selaku anggota DWP, kita terus mengingat bahwa ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas adalah penentu kualitas keluarga dan masyarakat kita. Oleh karena itu, peringatan ini mengangkat tema “Untuk Membangun Perempuan Cerdas dan Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital” sekaligus untuk meluncurkan Gerakan Keluarga Cerdas Membaca,” paparnya.

Melalui tema dan gerakan tersebut, himbauan mengajak seluruh anggota DWP untuk belajar satu sama lain, untuk terus mengasah keahlian di berbagai bidang kehidupan, serta tidak lupa mendalami nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan dan pengembangan karakter, sehingga nantinya kita menjadi panutan ditengah keluarga.

Sebagai Ketua Umum DWP, dia menyarankan selamat ulang tahun ke 23 untuk Dharma Wanita Persatuan.

“Mari kita terus bergerak, untuk membangun Indonesia dengan semangat pemberdayaan dan penguatan kepemimpinan perempuan,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wayan Diar dalam sambutannya mengatakan, selaras dengan tema pelaksanaan HUT DWP yang ke 23 tahun ini, yaitu “Membanguntahan Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”, Dharma Wanita merupakan harapan bagi semua pihak, terutama sebagai mitra pemerintah dalam mensukseskan pembangunan, khususnya di Kabupaten Bangli untuk mewujudkan Bangli Era Baru.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting dilakukan adalah gerakan “Save The Children”, peningkatan kesehatan perempuan dan anak, pencegahan narkoba, pendidikan karakter sejak dini, pemberdayaan ekonomi perempuan, peningkatan indeks pembangunan manusia, indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender.

Wabup asal Desa Belantih ini, juga menambahkan, selain sebagai inspirator gerakan Dharma Wanita juga memiliki peran besar dalam membantu kesuksesan tugas-tugas suami.

“Dharma Wanita juga memiliki kewajiban sebagai seorang Ibu, yang mendidik anak-anak agar menjadi orang yang berhasil dan berpotensi menjadi anak yang berguna bagi Bangsa dan Negara, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat. Dharma Wanita juga diharapkan mampu memberikan dorongan dan kontribusi kepada suami, agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat,” katanya.

Diakhir sambutannya, Wayan Diar mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun DWP ke-23. “Semoga melalui kegiatan yang dilakukan permintaan unsur DWP Kabupaten Bangli dapat bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” tutupnya. (surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button