BeritaDaerahEkonomiHukum dan KriminalInternasional

Silmy Karim Sebut Imigrasi Indonesia Tercepat Terbitkan Paspor Hanya 3 Hari

Jbm.co.id-JAKARTA | Penerbitan paspor di Indonesia termasuk tercepat di dunia. Bahkan, Imigrasi Indonesia telah memberikan pelayanan cepat, bersih dan harus mudah.

“Indonesia itu adalah negara yang tercepat menerbitkan paspor, di Jerman, 4 sampai 6 minggu, di Indonesia hanya 3 hari. Bahkan, kalau percepatan bisa satu hari, di Singapore bisa 2-3 minggu, di Tiongkok, bisa berbulan-bulan,” kata Direktur Jenderal atau Dirjen Imigrasi Silmy Karim, saat diwawancarai awak media, Jumat, 4 Agustus 2023.

Foto: Imigrasi Indonesia fokus pada proses digitalisasi pelayanan Keimigrasian, baik bagi WNI maupun WNA.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyampaikan, bahwa hingga saat ini, Imigrasi Indonesia fokus pada proses digitalisasi pelayanan Keimigrasian, baik bagi WNI maupun WNA.

Advertisement

“Saat ini, WNA bisa akses pengurusan visa melalui laptop di rumah, WNI bisa urus paspor juga melalui aplikasi, saat ini kuota paspor kami buka untuk dua bulan ke depan, dalam satu bulan kita melayani penerbitan paspor lebih dari 450.000,” terangnya.

Sementara itu, Imigrasi Soekarno-Hatta sendiri selama periode Januari-Juli 2023, telah menerbitkan 55.268 paspor.

Dirinci, 46.203 paspor melalui layanan regular dan 9.065 paspor melalui layanan percepatan.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan keimigrasian yang terbaik, sehingga masyarakat tidak merasa kesulitan dalam proses penerbitan paspor,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto.

Bahkan, lanjutnya Imigrasi Soekarno-Hatta menjadi salah satu konsentrasi perbaikan layanan Keimigrasian. Tidak hanya dalam pemeriksaan Keimigrasian di bandara, pelayanan Keimigrasian seperti penerbitan paspor juga menjadi fokus peningkatan.

“Imigrasi Soekarno-Hatta memiliki Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3) terbaik dengan durasi layanan tujuh hari dalam seminggu dan kuota terbanyak di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button