BeritaDaerahOlahraga

Barebow Menuju Divisi yang Dipertandingkan Cabor Panahan Porprov Bali ke-16

Jbm.co.id-DENPASAR | 30 peserta turut ambil bagian dalam pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Panahan Divisi Barebow yang diikuti dari seluruh Kabupaten/Kota se-Bali kecuali Kontingen Bangli di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Minggu, 27 November 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, I Nyoman Mardika didampingi Sekretaris Umum, Made Erwin Suryadarma Sena dan Bendahara Umum, I Nyoman Arta Wirawan memaparkan, bahwa Cabor Panahan pada Porprov Bali ke-15 mempertandingkan 3 Divisi meliputi Divisi Recurve, Divisi Compound dan Divisi Nasional. Namun, pada Porprov Bali ke-15, Divisi Barebow khusus dilombakan secara eksibisi dan direncanakan pada Porprov Bali ke-16 tahun depan akan dipertandingan secara resmi.

Meski dana penyelenggaraan yang sangat terbatas, Namun, Ketua Panpel Nyoman Mardika berharap melalui ajang Porprov Bali ke-15 mampu menghasilkan kualitas atlet-atlet panahan terbaik yang akan mewakili Bali dalam ajang seleksi Pra PON tahun 2023.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para sponsor, terutama Suzuki sebagai Official Sponsor resmi Porprov Bali XV Cabor Panahan, yang turut membantu penyelenggaraan Porprov Bali XV pada tahun 2022,” terangnya.

Sementara itu, I Nyoman Arta Wirawan selaku kontingen Tabanan menyebutkan Panahan Tabanan hanya meraih 1 medali perunggu dari Divisi Recurve. “Sementara, untuk Divisi Barebow, Tabanan meraih 1 perak dan 2 perunggu,” terang I Nyoman Arta Wirawan, disela-sela pertandingan Divisi Barebow.

Menurut Arta Wirawan, Divisi Barebow Cabor Panahan dibawah naungan Perpani Bali belum masuk rangking di ajang Porprov Bali ke-15, meski mendapatkan medali, karena masih kategori ekshibisi.

“Cabor yang masih ekshibisi itu Divisi Barebow Panahan dan juga E-Sport yang Mobile Legend itu masih ekshibisi. Nanti tahun depan, 2023 pada Porprov Bali selanjutnya akan masuk kategori yang dipertandingkan,” sebut Arta Wirawan.

Lebih lanjut, Arta Wirawan menjelaskan, Divisi Barebow berbeda dengan Divisi lainnya dalam Cabor Panahan. Keistimewaannya Barebow tidak memakai sight/fisir, tele atau alat bidik, yang hanya mengandalkan Threeunder. Oleh karena itu, String Walking disebut sebagai salah satu metode memanah Barebow yang sama dengan metode “Gap Shooting” dalam hal menggunakan ujung shaft anak panah sebagai patokan terhadap target.

“Kalau Recurve khan ada stabilizer dan sight/fisir itu alat pengekeran atau alat bidik. Jadi, Barebow itu tidak pakai stabilizer dan alatnya tidak pakai sight/fisir dan itu sederhana. Jadi, nge-bidiknya itu seperti panahan biasa tanpa alat bidik,” rincinya.

Bahkan, Divisi Barebow sudah sering dipertandingkan di kancah internasional atau World Archery Open lantaran di Bali juga sudah ada atlet Barebow. Untuk itu, Barebow itu diusulkan untuk masuk Cabor Panahan yang dipertandingkan pada Porprov Bali ke-16.

“Jadi, Barebow itu juga mengikuti kebijakan dari World Archery bukan istilahnya mau-maunya Indonesia atau Bali saja. Semua orientasinya ke dunia internasional. Untuk sementara, karena ini masih divisi baru, makanya Barebow diuji coba dulu pada Porprov Bali ke-15,” pungkasnya. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button