BeritaBreaking NewsDaerahEdukasi & MotivasiPendidikan

Olimpiade Sains dan Matematika Tingkat SD&SMP Kawasan Asia Diselenggarakan di Kintamani Bangli

Jbm.co.id-BANGLI | Untuk kedua belas kalinya sejak diselenggarakan pertama kali pada November 2011, Asian Science & Mathematics Olympiad for Primary and Secondary Schools (Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama Kawasan Asia) disingkat ASMOPSS digelar kembali di Indonesia.

Untuk perhelatan yang kedua belas kali ini, tuan rumah ASMOPSS adalah Pemerintah Kabupaten Bangli bekerjasama dengan Surya Institute. Kegiatan Olimpiade ini akan dilaksanakakan, 23-27 November 2022, di Kintamani, Bangli, Bali, Indonesia.

Siswa yang terpilih pada ajang ASMOPSS ini adalah hasil seleksi siswa secara nasional di tiap-tiap negara peserta. Hal ini juga menunjukkan bahwa para pendidik di negara-negara peserta juga memiliki “concern” yang sama menyadari, bahwa dibutuhkan ajang yang lebih banyak untuk mengasah ilmu matematika dan ilmu sains dari siswa sejak usia muda, dalam suasana yang kompetitif tetapi “fun” sehingga memunculkan lebih banyak “role model” (panutan) muda, yang diharapkan akan lebih banyak mendorong siswa Asia berminat pada sains dan matematika.

Sejak pertama diselenggarakan, keunikan ASMOPSS, selain soal yang bersifat individu untuk masing-masing bidang studi, Matematika dan Sains, ada juga soal eksplorasi & eksperimen yang harus dikerjakan oleh tim, mencakup soal Matematika, Sains dan soal investigasi yang merupakan gabungan Matematika dan Sains.

ASMOPSS selalu memberikan fokus pada “teamwork”. Hal ini terlihat pada soal eksplorasi Matematika maupun eksperimen Sains dan soal investigasi, yang mana tim harus merancang langkah eksplorasi/eksperimennya sendiri, dan hanya bisa dikerjakan bersama antar anggota tim.

Jumlah peserta tahun ini mencapai 126 siswa, yang mewakili Filipina, Thailand, Vietnam, Tajikistan, Malaysia, tuan rumah Indonesia dan dua negara peserta baru sebagai Observer, yaitu Hongkong dan
Cambodia.

Indonesia sendiri diwakili oleh kategori SD empat tim dengan 4 siswa, yaitu 2 orang di bidang Matematika dan 2 orang di bidang Sains dan Kategori SMP empat tim, yaitu 4 siswa 2 siswa di bidang Matematika dan 2 siswa di bidang Sains dan 12 siswa mewakili Kabupaten Bangli.

Untuk seleksi tahap I, 10 September 2022 di berbagai kota di Indonesia, yang bekerjasama dengan berbagai pihak di masing-masing kota, dan berhasil menjaring siswa terbaik dari 928 peserta seleksi.

Seleksi tahap II diawali dengan pembinaan 94 peserta hasil seleksi tahap I, 15 Oktober 2022 secara online.

Melalui seleksi ini, berhasil terpilih Tim Indonesia untuk ASMOPSS 2022 sebanyak 41 siswa terbaik kategori SD dan SMP. Pembinaan Tim Indonesia dilaksanakan, 19-20 November 2022 secara online oleh Tim Surya Institute.

Harapannya pada ASMOPSS kali ini siswa-siswa Indonesia dapat berprestasi cemerlang dan menjadi juara umum di negara sendiri. Disamping itu, ajang ini tentu akan menjadi promosi pariwisata Bali, khususnya kabupaten Bangli kepada dunia internasional.

“Untuk itu, kami meminta doa kepada seluruh masyarakat Idnonesia agar kegiatan ASMOPSS 12 tahun ini dapat berlangsung dengan lancer dan sukses,” pungkasnya. (surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button