BeritaBreaking NewsDaerah

Bupati Bangli Sedana Arta Buka Rakorda IV Staff Ahli Kepala Daerah se-Bali Tahun 2022

Jbm.co.id-BANGLI | Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta membuka Rapat Koordinasi Daerah IV Staff Ahli Kepala Daerah se-Bali Tahun 2022 di Desa Wisata Penglipuran, Kelurahan Kubu Bangli, Rabu, 23 November 2022.

Rakorda yang mengambil tema “Melalui Implementasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali dan Pendirian PAUD-TK Berbasis Agama Hindu Dalam Bentuk Pasraman di Desa Adat, Kita Lestarikan Adat, Agama, Seni, Budaya dan Tradisi Bali”.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Staf Ahli Kepala Daerah se-Bali, Kanwil Kemenag Provinsi Bali dan para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov dan para Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Bali Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, Bendesa Agung Provinsi Bali beserta Bendesa Adat Madya Kabupaten/Kota se-Bali, beberapa Bendesa Alitan, Bendesa Adat dan Pengelola lembaga PAUD/TK serta undangan lainnya.

Staf Ahli Bupati Bangli I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan, para Staf Ahli Kepala Daerah yang terdiri dari Staf Ahli Gubernur Bali dan Staf Ahli Bupati Walikota se-Bali, mempunyai program kerja terkoordinasi, yang mana mulai perencanaan, evaluasi dan koordinasinya dilakukan melalui kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda), seperti kegiatan hari ini.

Adapun lokasi tuan rumah Rakerda maupun Rakorda dilakukan secara bergiliran dari provinsi maupun kabupaten/kota.

Untuk kegiatan Rakorda, berlangsung setiap 3 bulan sekali dengan melibatkan para stakeholder sesuai topik yang dibahas atau difasilitasi.

Rakorda IV saat ini di Kabupaten Bangli mengambil tema “Melalui Implementasi Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali dan Pendirian PAUD-TK Berbasis Agama Hindu Dalam Bentuk Pasraman Formal di Desa Adat, Kita Lestarikan Adat, Agama, Seni, Budaya dan Tradisi Bali”.

Tema tersebut diambil, karena dalam dua tahun terakhir ini 2 hal tersebut menjadi konsentrasi para Staf Ahli, guna mendukung Visi-Misi Gubernur Bali, yang tertuang dalam RPJMD Semesta Berencana 2018-2023, Program kerja Pelayanan Kesehatan Tradisional Bali, dimana dari program ini telah membuahkan hasil, antara lain, terbentuknya Forum Pengobatan Tradisional Bali, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota, sebagai wadah komunikasi para pelaku pengobatan tradisional Bali.

Berkembangnya pelayanan Kesehatan tradisional pada fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah, baik di RS maupun puskesmas-puskesmas dan tumbuhnya UMKM produsen obat tradisional maupun petani produsen bahan baku obat tradisional, termasuk dalam Rakorda kali ini dipamerkan beberapa produsen obat tradisional beserta demonstrasinya.

Sarma menambahkan terkait dengan fasilitasi pembentukan PAUD/TK Hindu dalam bentuk Pasraman Formal di Desa Adat mengacu pada Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Semesta Berencana Provinsi Bali,  target kinerja pada tahun 2022 adalah sebesar 4,29%, artinya pada tahun 2022 harus sudah ada PAUD/TK Hindu dalam bentuk Pasraman Formal di Desa Adat, sebanyak 78 lembaga, sedangkan sampai saat ini jumlah tersebut masih sangat jauh.

“Oleh karena itulah dalam forum Rakorda IV ini, kendala-kendala itu kita bahas dan kami fasilitasi,” jelasnya.

Menurutnya, para Staf Ahli melalui wadah forum Sahlikada se-Bali selalu ingin tetap produktif dengan memberikan kontribusi yang maksimal terhadap kemajuan di daerah masing-masing sesuai Tupoksi Staf Ahli, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 134 Tahun 2018, Tentang Kedudukan, Tata Hubungan Kerja dan Standar Kompetensi Staf Ahli Kepala Daerah.

Melalui Forum Komunikasi Sahlikada se-Bali, pihaknya  sepakat mengusung jargon “Tidak Tampak tetapi Berdampak”.
Melalui forum terhormat ini, pihaknya selaku Sahlikada Bangli mengucapkan terima kasih dan rasa hormat kepada Bapak Bupati Bangli yang telah mengubah 180 derajat image Staf Ahli sebagai orang buangan menjadi pejabat terhormat.

“Karena Bupati tetap memberikan keleluasaan dan kesempatan kepada kami untuk membantu beliau dalam menjalankan roda pemerintahan dengan konsep “Supertim” bukan “Superman”, ditambah sikap kepemimpinannya yang egaliter dan terbuka terhadap masukan,usul, saran dan bahkan kritik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pihaknya membangun Kabupaten Bangli mulai dengan membangun sikap mental masyarakat, dengan membangkitkan rasa harga diri dan rasa jengah masyarakat Bangli.

Karena, menurutnya, selama ini Kabupaten Bangli dikesankan sebagai kabupaten miskin, kabupaten tanpa prestasi atau selalu urutan terbawah pada setiap ajang kompetisi.

“Hal itu dimulai dengan menetapkan Bunga Pucuk Bang, Lagu Pucuk Bang dan Tarian Pucuk Bang sebagai maskot Kabupaten Bangli, Berikutnya menata wajah kota kabupaten dengan renovasi alun-alun, perbaikan kantor-kantor strategis,” katanya.

Di bidang sarana dan prasarana juga terus digenjot, perbaikan jalan, pasar rakyat, fasilitas kesehatan, rumah sakit, fasilitas olahraga dan lain-lain.

Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan lahan untuk pembangunan GOR dan saat ini juga sedang dibangun veneu Drag Race, bertaraf nasional di Desa Landih. Dalam peningkatan PAD dan pendapatan masyarakat, juga terus dilakukan.

“Astungkara berkat kerja keras kami, PAD bisa naik secara signifikan, terutama dari sektor penerimaan PHR, pajak reklame dan retribusi masuk objek wisata,” terangnya.

Di bidang perkonomian juga terus ditingkatkan dengan membangun titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Menurut Sedana Arta, pasca revisi Perda Provinsi Bali tentang RTRW dimungkinkan, pihaknya membangun fasilitas akomodasi hotel berbintang seperti di kabupaten/kota lainnya.

“Oleh karenanya, pihaknya memberikan karpet merah kepada investor yang betul-betul serius ingin berinvestasi di Bangli,” ujarnya.

Disampaikan juga kemampuan keuangan daerah, Bangli sangat kurang. Oleh karena itu, pihaknya mendorong OPD untuk berinovasi, memanfaatkan jaringan yang ada guna mendapatkan sumber-sumber anggaran baik dari APBD Provinsi (BKK) maupun APBN.

Tahun Anggaran 2023 dijelaskan Kabupaten Bangli mendapatkan DAK sekitar 149 M, mungkin jumlahnya tertinggi di kabupaten/kota di Bali.

Di bidang pendidikan, pihaknya juga berkomitmen untuk meningkatkan SDM,dimana Pemerintah Kabupaten Bangli telah  memberikan hibah lahan untuk kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa seluas 5,69 hektar; agar sepenuhnya aktivitas kampusnya bisa berpusat di Bangli, sehingga secara maksimal bisa bersinergi membangun SDM dan perekonomian masyarakat Bangli.

Dengan  STKIP Surya di bawah pimpinan Prof. Yohanes Surya, bulan Januari nanti akan  membangun kampus di Kabupaten Bangli dan memberikan beasiswa kepada generasi muda Bangli.

Berdirinya kampus STKIP Surya ini akan membuat Kabupaten Bangli menjadi pusat pendidikan tinggi sains, matematika dan teknologi.

“Pada intinya, kami berusaha memberikan yang terbaik buat masyarakat dan melompat mengejar ketertinggalan dari kawan-kawan kabupaten kota lainnya,” ucapnya.

Sembari mengutip pernyataan Bung Karno, “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.”

Sedana Arta terus memompa semangat pimpinan dan pegawai di OPD untuk jangan takut dan ragu berbuat demi kepentingan masyarakat karena menjadi abdi masyarakat sudah menjadi pilihan, sepanjang tidak ada niat untuk memperkaya diri sendiri atau pihak lain, tidak merugikan negara dan tidak melanggar hukum.

Menurut Bupati Bangli, dalam menjalankan roda pemerintahan, pihaknya sepakat untuk membangun Supertim bukan Superman, melalui kerjasama yang harmonis, dengan mengurangi sekat-sekat formalistik, kaitannya dengan pendidikan karakter yang berdasarkan nilai-nilai universal Agama Hindu dan budaya Bali, maka pendirian PAUD/TK Hindu di Desa Adat sangat relevan. Di Bangli sudah ada 13 lembaga PAUD/TK bernuansa Hindu, yaitu Pra Widya Dharma.

“Akan tetapi, kalau memang harus masuk di Kementerian Agama, kami juga mendukung. Bagaimana pun RPJMD Semesta Berencana Provinsi Bali, harus kita dukung,” pungkasnya. (surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button