BeritaBreaking NewsPeristiwa

Sekda Badung Adi Arnawa Buka Dialog Dharma Agama, Dharma Negara

Jbm.co.id-BADUNG | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka acara dialog yang bertemakan “Dharma Agama, Dharma Negara”. Acara ini diselenggarakan oleh perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara Yowana Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Kriya Gosana Lantai III, Puspem Badung, Minggu, 13 November 2022.

Turut hadir, Ketua Perkumpulan Dharmopadesa Pusat Nusantara Cabang Badung, Ida Bagus Widnyana, Narasumber dari Dosen UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Ida Bagus Gede Candrawan, Ketua Yowana Dharmopadesa Badung, Ida Bagus Mahendra, beserta para Keynote Speaker.

Seusai membuka acara, Sekda Adi Arnawa mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi dan mendukung sekaligus mendorong kegiatan dialog yang telah dilaksanakan, karena tidak saja dalam rangka menumbuhkan kesadaran bersama dari segi melakukan kegiatan diskusi, apalagi menyangkut dengan materi-materi bangsa, maupun kewajiban sebagai agama di masing-masing. Hal yang paling penting yakni motivasi di balik kegiatan dialog hari ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada panitia, atas dilaksanakanya kegiatan ini, agar diperluas lagi, jangan hanya sebatas di lingkungan Dharmopadesa, melainkan kepada seluruh yowana yang ada di Kabupaten Badung, dimana para yowana agar memahami apa itu Dharma Agama yang dikaitkan dengan Dharma Negara. Karena keduanya ini tidak boleh lepas dan saling berkaitan. Ini perlu diketahui oleh para yowana maupun semua warga kita, kalau kita sudah memahami ajaran agama kita masing-masing, bagaimana kewajiban, tanggung jawab kita, maupun kearifan lokal kita, saya kira hidup bermasyarakat, bernegara tidak akan bermasalah,” terangnya.

Pihaknya juga mengungkapkan, disamping bisa membantu pemerintah di dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya sesuai dengan tujuan pembangunan di Kabupaten Badung. Untuk itu, sebagai penerus bangsa, apalagi memperingati Hari Pahlawan, 10 November yang lalu, tentu tugas ini sangatlah berat, mau tidak mau, suka tidak suka, dengan cara memerangi kebodohan, memerangi kemiskinan, membantu dunia pendidikan yang harus dilakukan. Dengan adanya kegiatan dialog hari ini mudah-mudahan kesadaran itu akan tumbuh.

Sementara itu, Ketua Yowana Dharmopadesa Badung, Ida Bagus Mahendra Sada Prabhawa dalam sambutannya mengatakan, Yowana Dharmopadesa ini merupakan perkumpulan para Yowana atau Dharma Prawerti Sabha yang belum menikah, lebih singkatnya disebut Yowana Brahmana, Siwa dan Budha. Tujuan dilaksanakannya seminar/dialog pemuda Dharma Agama, Dharma Negara, yang salah satu meningkatkan SDM generasi muda.

“Bukan saja dari ajang seni, adat dan budaya, bukan dari bidang agama, tetapi harus berlandasan jiwa negara, dimana kita hidup bernegara tetapi tetap berlandasan dengan agama. Di satu sisi, kita ngajengkan seni, adat, budaya, agama. Namun, di sisi lain, kita tetap berbakti dengan negara. Kegiatan ini juga disupport Bapak Sekda selaku Guru Wisesa kita di Pemerintah Kabupaten Badung. Kegiatan ini dilaksanakan untuk saling menyatukan pasemetonan, walaupun berbeda tetapi tetap satu jiwa, diman kita tidak membedakan hal yang sama, melainkan kita menyamakan hal yang berbeda,” pungkasnya. (dw).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button