BeritaBreaking NewsNasionalPeristiwa

Peringati HUT Itjen Kemenkumham ke-56, Menkumham Luncurkan Panca Program Unggulan 2023

Jbm.co.id-DENPASAR | Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham ke-56, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H.Laoly meluncurkan Panca Program Unggulan Itjen Tahun 2023.

Disebutkan, Panca Program Unggulan tersebut, diantaranya Bergerak Bangkitkan Kesadaran Inspirasi dan Motivasi (BBKIM) untuk mewujudkan Keagungan Kemenkumham, Inspektur Wilayah Aktif Mendengar untuk Memberi Solusi, Aktif Belajar Plus, Sertifikasi API PAKSI dan CRMO serta Resertifikasi ISO 37001, dan E-Mawas ver 2023.

Bahkan, Yasonna mengapresiasi kinerja Itjen Kemenkumham yang lebih banyak mengedepankan fungsi dan memberikan pendampingan dan konsultasi, dibandingkan dengan pemeriksaan untuk mencari temuan.

“Itjen Kemenkumham bukan hanya sebagai pendukung dalam Instansi, namun sebagai salah satu elemen penting dalam kemajuan Kemenkumham. Maka dari itu, Itjen perlu mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan Strategic Partner,” jelasnya.

Kegiatan ini, juga dirangkaikan dengan pemberian Penghargaan Inspektorat Jenderal 2022. Kanwil Kemenkumham Bali berhasil meraih penghargaan sebagai Satuan Kerja dengan Tindak Lanjut Temuan Hasil Pengawasan Inspektorat Jenderal yang telah Tuntas.

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu.

“Kegiatan ini bertajuk Penguatan Peran Pengawasan Internal lnspektorat Jenderal dalam Internalisasi Core Value Berakhlak untuk Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022. Adapun tema yang diambil adalah APIP BerAKHLAK, Kemenkumham Bermartabat. Untuk itu, Itjen mengajak seluruh ASN Kemenkumham guna mewujudkan Kemenkumham Bermartabat melalui Aktualisasi Core Value BerAKHLAK,” paparnya.

Dalam laporan kegiatannya, Inspektur Jenderal Kemenkumham, Razilu menyampaikan, bahwa Capaian Panca Program Unggulan 2022, yaitu Menyapa, Mengajarkan dan Menyadarkan (3M), Aktif Belajar Remote Audit, Audit Berbasis Risiko dan Tematik serta E-Mawas Kumham ver. 2022.

“Capaian Panca Program Unggulan merupakan bentuk nyata peran aktif Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam menjaga marwah Kemenkumham,” ungkapnya.

Razilu juga menyebutkan bahwa Itjen telah berhasil mempertahankan berbagai kemajuan selama 3 tahun berturut-turut Sertifikasi Internasional ISO 37001 versi 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyepuan (SMAP).

“Untuk meningkatkan kinerja Itjen sebagai aparat pengawasan, Itjen memiliki program unggulan pada tahun 2023 yang merupakan pengembangan dari program unggulan pada tahun ini,” pungkasnya.

Turut hadir, para Pimpinan Tinggi Pratama, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan para Pejabat Administrasi. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

One Comment

  1. I need to to thank you for this wonderful read!! I definitely enjoyed every little bit of it. I have you saved as a favorite to look at new things you postÖ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button