BeritaDaerahHukumPeristiwa

Fraksi DPRD Bangli Desak Pemkab Bangli Libatkan Kaum Perempuan Dalam Ketahanan Pangan dan Petakan Kawasan Rumah Kumuh

Jbm.co.id-BANGLI | DPRD Bangli bersama Eksekutif membahas 3 Ranperda melalui Rapat Paripurna yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Pemandangan Umum bersama Fraksi DPRD Bangli yang dipimpin langsung Ketua DPRD Bangli, Ketut Suastika di Ruang Rapat bersama DPRD Bangli, Rabu, 2 November 2022.

Ranperda yang dibahas adalah Ranperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah no 13 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Ranperda tentang Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah, Ranperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas terhadap Kawasan dan Pemukiman Kumuh.

Pandangan Umum bersama Fraksi DPRD Bangli yang dibacakan I Made Sudiasa menyampaikan, untuk menjaga Penguatan Ketahanan Pangan, Fraksi-Fraksi DPRD Bangli mendesak, agar Pemerintah menggandeng kaum perempuan untuk ikut menjaga ketahanan pangan melalui pembentukan program “PKK Sadar Pangan” di masing-masing desanya.

“Keluarga memegang kunci penting dalam keberhasilan meningkatkan ketahanan pangan sehingga dipandang perlu ada pendampingan bagi keluarga yang masuk pangan kronis,” katanya.

Dalam menjaga ketahanan pangan, lanjut Made Sudiasa, Pemerintah perlu menjalin kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan kelompok tani masing masing desa untuk mewujudkanya.

“Sementara untuk mencegah adanya penyimpangan penyaluran pangan perlu dilaksanakannya pelatihan untuk tim penyaluran di setiap desa,” sebutnya.

Selanjutnya, terkait mencegah tumbuhnya pemukiman kumuh, Fraksi-Fraksi DPRD Bangli berpendapat, bahwa perlu adanya sarana dan prasarana persampahan, seperti Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di masing masing desa dan perlunya drainase lingkungan yang mampu mengalirkan limpahan air hujan, sehingga tidak menimbulkan genangan.

“Pemerintah perlu membuat pendataan wilayah yang mana saja masuk kawasan dan pemukiman rumah kumuh agar penanganan bisa cepat dan tepat,” pungkasnya. (surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button