BeritaHukumInternational

Pantau WNA, Immigration Corner Yankumhamdes Disosialisasikan Kanwil Kemenkumham Bali

Jbm.co.id-DENPASAR | Immigration Corner Yankumhamdes disosialisasikan Kanwil Kemenkumham Bali guna memantau keberadaan Warga Negara Asing (WNA). Aplikasi berbasis teknologi ini, diperuntukkan bagi para Perbekel atau Kepala Desa yang berasal dari tiga Kabupaten di Provinsi Bali.

“Oleh karena itu, sangat pentingnya inovatif ini diluncurkan, dalam mengoptimalkan pengawasan dan pendataan bagi WNA yang berada di setiap daerah,” kata Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Kanwil Kemenkumham Bali, Doni Alfisyahrin di ruang Dharmawangsa Kanwil Kemenkumham Bali, Denpasar, Rabu, 2 November 2022.

Menurut Kadivim Doni Alfisyahrin, Immigration Corner Yankumhamdes merupakan program berbasis teknologi yang bukan saja mudah untuk diakses, namun juga dapat memberikan ruang bagi setiap desa, untuk bisa mendata WNA yang tinggal di desanya.

Dijelaskan, betapa canggihnya aplikasi yang berbasis teknologi tersebut, sehingga hanya melalui paspor saja sudah bisa memantau keberadaan Orang Asing.

“Hanya dengan menggunakan smartphone, keberadaan serta status dari WNA yang tinggal di sebuah desa sudah bisa dideteksi,” terangnya.

Melalui aplikasi Immigration Corner Yankumhamdes, imbuhnya, setiap desa bisa memiliki data secara langsung jumlah wisatawan asing yang berada dan tinggal di desanya. Bahkan, melalui aplikasi ini, juga desa bisa memberikan pelayanan secara langsung melalui aplikasi Yankumhamdes.

“Oleh karena itu, wisatawan tidak saja mudah dipantau, melainkan juga mendapatkan pelayanan informasi dari setiap desa melalui aplikasi Yankumhamdes,” papar mantan Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Sementara itu, salah satu staf Perbekel Desa Kediri, Kabupaten Tabanan sangat merespons positif aplikasi Immigration Corner Yankumhamdes ini, yang ternyata, sangat bermanfaat untuk mengontrol keberadaannya WNA di desanya.

“Kami apresiasi, karena aplikasi Yankumhamdes berbasis teknologi ini akan lebih memudahkan kami dalam mengontrol serta mendata WNA yang tinggal di desa kami. Program ini sangat luar biasa,” pungkasnya. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button