BeritaDaerahEdukasi & MotivasiPeristiwa

J2PS Dilantik Wagub Cok Ace Gelorakan Merdeka Sampah

Jbm.co.id-KLUNGKUNG | Pengurus Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) masa bakti 2022-2025 dilantik Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace di TOSS Center Kusamba, Klungkung, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Ketua J2PS, Agustinus Apollo Daton mengungkapkan sebuah pernyataan, bahwa sejelek-jeleknya jalanan rusak pasti masih bisa dilewati. Serusak apapun fasilitas pelayanan tetap masih bisa melayani walau tak nyaman. Coba bayangkan, jika sampah di kota, lima hari tak tertangani, tak terbayang bagaimana dampaknya. Pernyataan tersebut memberikan gambaran, bagaimana sampah menjadi salah satu masalah besar yang jika tidak menjadi prioritas akan menyebabkan dampak buruk dan menimbulkan efek ganda dalam kehidupan sosial masyarakat.

Bahkan, melalui tagline “Jurnalis Bangkit Mengawal Sampah, Menuju Indonesia Merdeka Sampah”, yang dinyatakan J2PS dalam deklarasi beberapa waktu lalu memang begitu ideal.

“Gelorakan merdeka sampah bukan berarti kita bebas dari sampah. Sepanjang ada peradaban, sampah selalu ada. Namun yang terpenting bagaimana kita bijak mengelola sampah agar alam tidak tercemar dan tidak menebar bau busuk kemana-mana,” terangnya.

Bahkan, ia mencontohkan, jika mengetik kata kunci sampah, plastik, atau kompos di Google, grafiknya naik terus. Hal Itu sebagai bukti kepedulian masyarakat terhadap isu yang berkembang saat ini. “Maka kita sebagai wartawan, tidak boleh lelah terus-menerus mensosialisasikan dan mengkomunikasikan soal pemilihan, pemilahan dan pengelolaan sampah,” paparnya.

Apalagi, jika disebutkan negara yang berhasil mengelola sampah, titik baliknya adalah penegakan hukum. Oleh karena itu, masyarakat harus disadarkan dengan edukasi dan sosialisasi, dan juga diingatkan dengan penegakan hukum agar program pemilahan sampah ini berhasil dengan baik.

Selain itu, Apollo Daton juga menambahkan, bahwa acara ini juga diisi dengan diklat pemahaman terhadap jurnalis tentang pengelolaan sampah dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Kami sampaikan, Narasumber yang dihadirkan hari ini, diharapkan bisa memberi sudut pandang dan solusi bagi penanganan sampah khususnya sampah plastik,” ujarnya.

Untuk itu, Apollo Daton berharap, selepas diklat, media dan kawan-kawan jurnalis bisa meliput lebih dalam dan tajam mengenai isu pengelolaan dan pemilahan sampah. “Setelah kita menerima perspektif baru hari ini tentang pengelolaan sampah, dalam benak kita kalau sampah bukan sekadar sampah, tapi juga komoditas. Ada circular economy yang bisa dijalankan jika kita bisa mengolah sampah dengan baik dan benar,” jelasnya.

Sementara itu, Wagub Cok Ace menyampaikan, bahwa kebersihan dan keindahan bukan hanya untuk sektor pariwisata. Namun, kebersihan dan keindahan sebenarnya untuk lingkungan dan kesehatan. “Setelah itu, jika pariwisata menggeliat karena kebersihan tentu saja harus disyukuri.

“Oleh karenanya, kami mengajak semua pihak untuk peduli terhadap sampah. Caranya tentu saja bagaimana kita melakukan pemilahan sampah dengan baik,” pungkasnya.

Selain Wagub Cok Ace, juga hadir Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan juga sejumlah Narasumber diantaranya Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan PPKLH Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Bali I Made Dwi Arbani, General Manager IPRO Martini Indrawati, Direktur Bali Waste Cycle (BWC), Olivia Anastasia Padang dan Ketua APSI (Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia) Putu Ivan Yunatana. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

4 Comments

  1. Hey There. I found your weblog using msn. This is an extremely neatly written article. I’ll be sure to bookmark it and return to learn more of your useful info. Thank you for the post. I will definitely return.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button