BeritaDaerahPolitik

Wakil Bupati Bangli Wayan Diar Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Panwaslu Kecamatan

Jbm.co.id-BANGLI | Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menghadiri acara Pelantikan dan Pengukuhan anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bangli di Aula Resto Apung Kedisan, Kintamani Jumat, 28 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangli, I Komang Carles, Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna S.H., Forkompinda Kabupaten Bangli, Forkompincam se-Kabupaten Bangli serta anggota Bawaslu Kabupaten Bangli.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli, I Nengah Purna S.H., dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bangli yang telah dilantik dan dikukuhkan.

“Ini adalah sebuah proses yang melelahkan, dimana pelaksanaan atau proses penjaringannya memakan waktu sebulan, disamping itu keterwakilan perempuan wajib terwakilkan,” katanya.

Ditambahkan Wayan Purna, menurut Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017, bahwa Panwaslu Kecamatan dan PKD itu dibentuk 1 bulan sebelum tahapan pertama. “Hal ini sudah tentu, bapak ibu hari ini bagaikan bayi baru lahir yang harus sudah berumur 17 tahun, tidak ada lagi kata belajar, tidak ada lagi kata magang harus sudah siap karena tahapan ini sudah dimulai dari tanggal 14 juni tahun 2022,” jelasnya.

Menurut Ketua Bawaslu, 20 bulan sebelum Pemilihan Umum waktu 2 bulan diambil untuk perancangan peraturan perundang-undangan, baik Bawaslu, PKPU dan18 bulan itu pendaftaran partai politik, yang hari ini sudah memasuki tahapan verifikasi faktual.

Tentu yang namanya verifikasi faktual harus dipastikan apa tahapan KPU sesuai dengan PKPU 3 tahun 2022 tentang TPJ.

“Kita pastikan ke lapangan, bahwa KPU benar sudah melakukan verifikasi faktual di Kabupaten Bangli, dengan hal itu tugas yang sangat berat telah menanti kita dan setelah ini diharapkan harus sudah bisa berkoordinasi di tingkat kecamatan demi keamanan dan kelancaran pelaksanaan pemilu, karena pemilu tidak hanya didukung oleh KPU dan Bawaslu, melainkan perlu dukungan semua unsur sehingga pemilu menjadi luber, jujur dan aman,” tutup Ketua Bawaslu Bangli.

Daftar anggota Panwaslu di masing-masing Kecamatan, diantaranya:
Kecamatan Bangli : Ni Komang Mahadiastini, S.Pd.H, Anak Agung Bagus Susila Antara, SE, Made Sutaryawan Nugraha, S.Or.,M.Or.

Kecamatan Kintamani : I Wayan Marsidhi , S.Si., I Wayan Kariasa, Pande Putu Ria Uki Santika, S,Kom.

Kecamatan Susut : I Nyoman Sukarena, I Nengah Wirasmana, S.Sn., I Wayan Rata.

Kecamatan Tembuku : I Wayan Ariasa, S.E., I Kadek Pande Saputra, I Wayan Yasa Setiawan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwaslu Kecamatan, se-Kabupaten Bangli yang baru dilantik.

“Tentu pada kesempatan yang baik ini, kami Pemerintah Kabupaten Bangli tentu berharap dan memastikan bahwa tahapan pemilu nanti akan berjalan sesuai dengan aturan, sesuai dengan mekanisme, dan tentunya dengan kehadiran bapak ibu sebagai pengawas di Kecamatan tentu disinilah harapan masyarakat Bangli secara keseluruhan bahwasannya pemilu ini betul-betul pestanya rakyat, karena sudah dipastikan pengawasannya jelas dan tahapan pemilu sudah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kami harapkan bapak ibu juga bukan hanya sekedar jadi pengawas saja tetapi bapak ibu sebagai garda terdepan untuk demokrasi Indonesia nantinya, karena tahapan pemilu ini tidak hanya hajatan setiap 5 tahun tetapi pemilu adalah posisi strategis dalam rangka mengukur tingkat demokrasi kita, mudah-mudahan di Kabupaten Bangli ini tetap berjalan dengan baik, sehingga kita sangat penting melaksanakan pemilu ini dengan baik, dan kita juga berharap teman-teman pengawas ini melakukan tugas fungsi wewenang yang telah diberikan dalam perundang-undangan,” pungkasnya. (surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button