BeritaDaerahEdukasi & MotivasiKesehatan

Pemerintah Kabupaten Bangli Laksanakan Bimtek Pengembangan Kelurahan/Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Bangli

Jbm.co.id-BANGLI | Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bangli melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Kelurahan/Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Bagi Perempuan Perintis di Kabupaten Bangli.

Bimbingan Teknis atau Bimtek mengambil tema “Potensi Kelurahan/Desa dalam Mewujudkan Kelurahan/Desa Ramah Perempuan Peduli Anak (K/DRPPA) Tahun 2022” akan digelar selama tiga hari dimulai dari 27-29 Oktober 2022.

Acara diawali dengan Pembukaan Bimtek yang digelar di Museum Geopark Kintamani, Kamis, 27 Oktober 2022.

Turut hadir, Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan, dan Desa se-Kabupaten Bangli. Kegiatan tersebut juga dihadiri Plt. Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Indra Gunawan, Staf Ahli Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Titi Eko Rahayu beserta tim, Direktur Institut Kapal Perempuan, Misiyah beserta tim, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bangli, Ida Ayu Gede Yudi Sutha, Forum Anak Daerah ( FAD ) Kabupaten Bangli serta peserta Bimtek.

Dalam sambutannya, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta yang dibacakan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangli menyampaikan, bahwa Bimtek Kelurahan/Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak bagi Perempuan Perintis di Kabupaten Bangli, dengan Tema “Potensi Kelurahan/Desa dalam Mewujudkan Kelurahan/Desa Ramah Perempuan Peduli Anak di Kabupaten Bangli”.

Disebutkan, Kelurahan/Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak bagi Perempuan ini merupakan Kelurahan/Desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak kedalam tata kelola pemerintahan Kelurahan/Desa. Pembangunan Kelurahan/Desa serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat Kelurahan/Desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Untuk itu, imbuhnya, Kelurahan/Desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khusus bagi perempuan dan anak, memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi serta tersedia sarana dan prasarana publik yang ramah perempuan dan anak.

Ia juga menambahkan, bahwa keberhasilan dari Pembangunan dan Pengembangan Kelurahan/Desa Ramah Perempuan Peduli Anak antara lain dapat meningkatkan kapasitas wirausaha perempuan di Kelurahan/Desa, meningkatnya keterwakilan perempuan di struktur desa maupun di Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Demikian pula, meningkatnya partisipasi perempuan dan anak dalam proses pembangunan desa, meningkatnya peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan anak, tidak ada pekerja anak, tidak ada anak yang menikah dibawah usia 18 tahun, serta tidak ada kekerasan terhadap perempuan dan anak,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, dalam kegiatan ini permasalahan perempuan dan anak, diawali dan diselesaikan mulai dari Kelurahan/Desa. “Kami percaya para perempuan perintis mampu menyelesaikan persoalan yang kita hadapi, perempuan perintis Kelurahan/Desa, adalah agen perubahan yang paling dekat dengan masyarakat, karena peran mereka sangat penting dan memahami kondisi perempuan di lingkungannya,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) RI beserta jajarannya dan Direktur Institut Kapal Perempuan beserta tim, yang sudah mempercayakan Kabupaten Bangli untuk pelaksanaan Bimtek bagi Perempuan Perintis Kelurahan/Desa Ramah Perempuan Peduli Anak.

“Bagi peserta Bimtek, kami harapkan agar mengikuti Bimtek ini dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang diperoleh selama bimtek dapat diterapkan di wilayahnya masing-masing,” tutupnya. (Surya).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

2 Comments

  1. There are definitely lots of particulars like that to take into consideration. That could be a nice level to bring up. I provide the ideas above as normal inspiration but clearly there are questions just like the one you deliver up the place a very powerful factor will be working in trustworthy good faith. I don?t know if finest practices have emerged round issues like that, however I’m sure that your job is clearly recognized as a fair game. Each girls and boys really feel the impact of just a second’s pleasure, for the rest of their lives.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button