BeritaEkonomi & BisnisInternationalPeristiwa

Luncurkan Second Home Visa, Imigrasi Dorong Tumbuhnya Investasi di Bali

Jbm.co.id-BADUNG | Berbagai inovasi dilakukan Imigrasi sebagai upaya memberikan pelayanan Keimigrasian. Salah satunya, dengan diluncurkan Second Home Visa, yaitu Visa Khusus yang diberikan kepada investor asing guna mendorong tumbuhnya investasi yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia, khususnya di Bali.

Dalam waktu dekat, Second Home Visa akan segera diberlakukan dan masih dalam tahap finalisasi. Demikian diungkapkan Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana, dalam menindaklanjuti arahan Presiden di The Trans Resort Hotel Bali, Selasa, 25 Oktober 2022.

Hal tersebut terkait kegiatan Rapat Koordinasi Fungsi Imigrasi pada Perwakilan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2022 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Imigrasi

Dalam arahannya, Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana menyampaikan, bahwa tema kegiatan yang diambil secara normatif sudah melekat pada tugas dan fungsi atase Keimigrasian.

Selain itu, Plt Dirjen Imigrasi juga menyampaikan masih belum adanya konsep fungsi Imigrasi perwakilan yang secara spesifik, untuk dapat dieksekusi di lapangan, karena fungsi yang ada hanya fungsi derivatif atau fungsi turunan.

Untuk itu, Widodo Ekatjahjana berpesan kepada seluruh Atase Keimigrasian agar melaksanakan dan memahami 4 fungsi Keimigrasian sesuai dengan Undang-Undang.

“Semoga rakor ini dapat menjadi bagian sharing dan diskusi baik Pimpinan, Atase dan Staf teknis dalam membahas kebijakan yang sudah diluncurkan serta melahirkan kebijakan-kebijakan yang dapat memperkuat tugas dan fungsi kita khususnya dalam bidang Keimigrasian,” terangnya.

Selain Plt. Direktur Jenderal Imigrasi, turut hadir Kakanwil Kemenkumham Bali, Direktur Kerjasama Keimigrasian, Direktur Intelijen Keimigrasian, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Direktur Ijin Tinggal Keimigrasian, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai serta para Atase dan Staf Teknis Imigrasi pada Perwakilan RI di Luar Negeri.

Foto: Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Ngurah Rai, Sugito (baju putih).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Kerjasama Keimigrasian, Heru Tjondro melaporkan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan, untuk memperoleh arahan pimpinan terhadap arah kebijakan pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian pada perwakilan RI, diskusi tentang isu-isu aktual di bidang
substansi Keimigrasian serta sarana evaluasi terhadap capaian output maupun anggaran pada pelaksanaan fungsi Imigrasi di Perwakilan RI.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu memaparkan, bahwa Rapat Koordinasi Fungsi Imigrasi Perwakilan RI merupakan kegiatan yang sangat penting, terutama untuk mengetahui secara langsung berbagai capaian dan tantangan dalam pelaksanaan tugas Keimigrasian di perwakilan RI.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan suatu inovasi pelayanan dengan tujuan mempermudah, mempercepat dan meringankan WNI di luar negeri.

Foto: Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu.

“Ada beberapa hal yang menjadi tantangan oleh para atase Keimigrasian, yaitu menguatnya ekspektasi masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan, adanya multi tafsir dari masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan, meningkatnya jumlah WNI di luar negeri setiap tahunnya,” pungkasnya. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

6 Comments

  1. I cling on to listening to the news broadcast talk about getting free online grant applications so I have been looking around for the most excellent site to get one. Could you advise me please, where could i find some?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button