BeritaDaerahEdukasi & MotivasiEkonomi & Bisnis

Perluas Jaringan Tenaga Kerja, Ketua DPRD Badung Terima Rombongan Wisatawan Arab Saudi

Jbm.co.id-BADUNG | Selain pertumbuhan ekonominya, Arab Saudi juga memiliki potensi yang sangat luar biasa terkait penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Badung harus memperluas networking atau jaringan yang dibangun bersama  Arab Saudi.

Bahkan, mulai tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Badung secara intens membangun jalinan silahturahmi  dengan Arab Saudi tentang peluang pasar kerja dan penempatan tenaga kerja Badung di Arab Saudi.

“Jadi, ada asisten rumah tangga, ada perhotelan, spa dan lain-lainnya. Namun, beberapa perusahaan, termasuk ketenagakerjaan Arab Saudi sudah meminta kita mengirimkan list apa saja yang kita siap untuk kita kirim, termasuk Australia juga minta kepada kita adalah anak-anak yang mau sekolah sambil bekerja. Demikian pula Jepang, meminta 350 tenaga kerja yang terampil di bidang Hospitality. Ini lagi kami bangun secara bersama-sama,” kata Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata bersama Ketua Komisi IV DPRD Badung, Made Suwardana, saat menerima rombongan wisatawan dari Arab Saudi di ruang kerjanya Kantor DPRD Badung, Senin, 24 Oktober 2022.

Menurutnya, Kabupaten Badung ini mempunyai potensi yang kuat, untuk mendidik dan membina dalam bidang tenaga kerja. Oleh karenanya, melalui DPRD Badung, Putu Parwata selaku Ketua DPRD Badung membuka jaringan seluas-luasnya menjalin kerjasama dengan Negara Arab Saudi.

Dipaparkan, sesuai data sementara yang diterima dari Disnaker Kabupaten Badung dibutuhkan 42 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dan tenaga kerja yang sudah terkirim keluar negeri itu hampir 1.200 orang.

Terkait perlindungan terhadap tenaga kerja, Putu Parwata menyebutkan, bahwa pemerintah tetap melakukan monitoring atau pengawasan dari tempat asalnya terhadap lembaga-lembaga pengirim tenaga kerja.

“Jadi, makanya anak-anak yang kita kirim keluar negeri itu, jangan dikirim oleh perusahaan yang ilegal. Jadi, kita mau perusahaan-perusahaan yang memang memiliki kompetensi, pengalaman dan legalitas yang kuat dan sah secara undang-undang, sehingga kalau terjadi sesuatu, maka ada pihak yang bertanggung jawab, yaitu perusahaan yang mengirim tenaga kerja keluar negeri. Itulah perlunya LPK untuk mendidik, bagaimana karakter penerima dan bagaimana yang harus kita berikan inputnya kepada anak-anak kita,” imbuhnya.

Menurutnya, bukan saja nantinya dengan Arab Saudi saja, namun, pada tahun 2023, pihaknya juga membangun kerjasama dengan Jepang. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Badung juga akan membangun kerjasama dengan Australia, sehingga beberapa jaringan sudah dibuka, supaya peluang untuk mengisi tenaga kerja hingga menampung anak didik yang sudah tamat kuliah itu, tidak kekurangan untuk disalurkan.

“Jadi, kami hadir dan pemerintah hadir untuk mendorong dan membantu semua lembaga LPK dan semua anak-anak yang dididik keterampilannya bisa dikirimkan keluar negeri. Bahkan, pemerintah sudah komitmen, nanti untuk mencetak sertifikasinya dan juga sertifikat gratis,” jelas Putu Parwata.

Selain itu, imbuhnya, nantinya beberapa dokumen juga akan dibantu, seperti pengurusan paspor hingga pelatihan bahasa, yang nantinya akan dilakukan satu langkah-langkah konkret dalam rangka mengedukasi dan meningkatkan grade dan tingkat kepercayaan tenaga kerja Badung yang dikirim keluar negeri.

Untuk itu, pihaknya harus melakukan seleksi, baik itu penerima maupun pihak yang akan mengirimnya. Bahkan, pihaknya akan melakukan seleksi kepada Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), supaya betul-betul anak didik terampil dan penerima tidak abal-abal.

“Jadi, ada yang bertanggung jawab. Ada perusahaan pengirim tenaga kerja secara resmi yang akan membantu anak-anak kita di Badung untuk akan kita kirim keluar negeri,” tegasnya.

Kemudian, Putu Parwata berharap, mudah-mudahan hal ini akan bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat Badung, karena tanpa membangun jaringan yang luas, maka anak didik tidak mendapatkan kesempatan yang maksimal.

“Sekarang ini, kesempatan membangun komunikasi terbuka, kita bangun sebaik-baiknya sehingga anak-anak kita berjiwa besar untuk menjadi tenaga kerja yang terampil, profesional dan memiliki suatu identitas yang kuat, bahwa mereka mewakili Badung sebagai Duta Kabupaten Badung, sehingga hal ini menjadi Brand Badung serta Badung sumber dayanya bagus untuk Bali dan Indonesia,” pungkasnya. (ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

7 Comments

  1. Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing a little research on that. And he just bought me lunch as I found it for him smile Thus let me rephrase that: Thank you for lunch! “We have two ears and one mouth so that we can listen twice as much as we speak.” by Epictetus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button