Daerah

Cegah Banjir, Babinsa Gotong Goyong Bersama Warga Bersihkan Got

JBM.co.id, Tabanan – Sosok Babinsa (Bintara Pembina Desa) diharapkan selalu ada dan berbaur ditengah-tengah masyarakat serta mampu membantu kesulitan yang dialami masyarakat di wilayahnya.

Hal tersebut telah ditunjukkan oleh personel Babinsa, dalam kegiatannya sehari-hari di wilayah desa binaannya masing-masing, seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Desa Perean Kangin, Peltu I Ketut Aryanta yang merupakan salah satu personel Babinsa dari Koramil 1619-07/Baturiti, saat melaksanakan kerja bakti gotong royong bersama warga binaannya di Banjar Adat Piun, Desa Perean Kangin, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, pada Minggu (24/4/2022).

Menurut Babinsa, Peltu Ketut Aryanta, disinyalir got mengalami pendangkalan oleh tanah dan sampah, sehingga saat musim hujan dapat menyebabkan bencana banjir ataupun tanah longsor, apabila hujan deras yang mengguyur wilayahnya, akibat dari saluran air atau got yang dangkal dan dipenuhi sampah tersebut maka got akan mengalami penyumbatan dan tidak dapat menampung air hujan.

“Jika naik meluber ke jalan dan mengganggu aktivitas warga pengguna jalan serta lebih luas lagi dapat menimbulkan banjir bahkan tanah longsor apabila melanda daerah yang tanahnya dalam kondisi labil,” tuturnya

Ia bersama warga Banjar Adat Piun bersama-sama bahu membahu mengatasi permasalahan tersebut, dengan melaksanakan kerja bhakti pembersihan got-got, yang mengalami pendangkalan tersebut.

“Kami juga lakukan dengan membersihkan sampah yang menyumbat saluran air sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan, untuk mencegah terjadinya bencana yang tidak diharapkan,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan kerja bhakti tersebut, Perbekel Desa Perean Kangin, Bhabinkamtibmas, Kawil Piun dan Bendesa Adat Piun bersama Krama Adat Piun, yang dalam kesempatan tersebut, juga sekaligus disampaikan himbauan, agar warga selalu membuang sampah pada tempatnya, untuk mencegah bencana dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dirinyapun berharap, dengan dilaksanakannya kerja bhakti ini dapat memperlancar aliran air melalui got/saluran air.

“Kerja bhakti dilakukan, agar pada musim hujan dapat mengurangi resiko melubernya air ke jalan raya dan mencegah bencana banjir ataupun tanah longsor”, tandasnya. (Ace/red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button