Daerah

Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Ziarah dan Upacara Tabur Bunga di TMP Pancaka Tirta

JBM.co.id, Tabanan – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali melaksanakan Kegiatan Ziarah dan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, Rabu (20/04).

Upacara Tabur Bunga dimulai tepat Pukul 08.00 WITA yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk sebagai Inspektur Upacara.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Gun Gun Gunawan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Constantinus Kristomo, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tabanan, Budiman P. Kusumah, Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Denpasar, Ni Nyoman Budi Utami, Pejabat Administrasi pada Divisi Pemasyarakatan, Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Kanwil Kemenkumham Bali beserta CPNS di lingkungan Lapas Kelas IIB Tabanan.

 

Kegiatan Ziarah dan Upacara Tabur Bunga ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.5-UM.01.01-202 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Tabur Bunga dalam rangka Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58. Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu Peringatan yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Setelah pelaksanaan upacara selesai, Kakanwil Kemenkumham Bali beserta jajarannya melaksanakan tabur bunga pada beberapa makam pahlawan.

Upacara ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang sudah memberikan sumbangsih jasa terbaiknya dalam menjaga keutuhan Bangsa dan Negara.

Jamaruli Manihuruk selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali mengatakan kegiatan ini merupakan wujud cinta dan penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah mendahului kita.

 

“Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Pancaka Tirta ini adalah salah satu rangkaian acara HBP Ke-58 dimana pada momen ini merupakan bentuk perwujudan rasa hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pahlawan Bangsa. Ini diharapkan menjadi momen refleksi diri agar kita melakukan tugas sebaik-baiknya demi instansi dan Negara”, terang Jamaruli.

Melalui Upacara Ziarah dan Tabur Bunga ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bagi seluruh jajaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali untuk dapat memberikan sumbangsih dalam membangun Negara dan juga kedepannya bisa bekerja keras dan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Aj/Red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button