Politik

Hari ini, Partai Demokrat Bali Gelar Muscab

JBM.co.id, Denpasar – Partai Demokrat menggelar Musyarawah Cabang atau Muscab di Prime Plaza Hotel & Suites Sanur, Bali, pada Senin (18/4/2022).

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Bali, I Wayan Adnyana, S.H., mengatakan, pelaksanaan Muscab hanya dilaksanakan di kalangan internal kader partai Demokrat Bali tanpa mengundang pejabat dan hadir tokoh-tokoh partai Demokrat Bali di internal organisasi.

Hal ini dilakukan, seperti halnya pelaksanaan konsolidasi lainnya dalam pelaksanaan Musda sebelumnya.

Menurutnya, sebelum dilaksanakan Muscab secara resmi, terlebih dahulu dilakukan verifikasi terhadap kebenaran peserta Muscab.

“Terkait bentuk dukungan calon langsung peserta Muscab itu sendiri sudah dilaksanakan, pada H-1, tepatnya tadi malam. Kalau pelaksanaan Muscab dan Musda itu, untuk periode kepengurusan, dalam satu periode itu ada batas waktu kepengurusannya selama 5 tahun. Jadi, setelah hasil Muscab ini, berarti 5 tahun lagi, dia mempunyai tugas untuk melaksanakan Muscab kembali,” terangnya.

Dijelaskan, tugas Muscab adalah pertama, memberikan penilaian terhadap pertanggungjawaban organisasi. Kemudian, kedua, Muscab membuat program kerja untuk program kerja 5 tahun ke depan dan ketiga, memilih personalia struktur pengurus, baik itu dewan pertimbangan, pengurus dan dewan kehormatan.

“Kita di Demokrat untuk hari ini yang dipakai pedoman nanti di dalam pilpres ke depannya, hasil pemilu 5 tahun yang lalu itu, di pakai pedoman,” paparnya.

Sementara, lanjutnya, untuk mengumumkan kandidat Partai Demokrat memang masih harus berkoalisi dengan partai-partai lainnya.

“Seperti apa yang kita laksanakan 3 (tiga) tahun yang lalu dalam pilkada serentak di bali, kita selalu mengumumkan calon dengan membangun koalisi, karena kita tidak mampu mengsung calon secara sendiri,” ujarnya.

Kemudian, Wayan Adnyana berharap, agar, nantinya di pemilu 2024 ini, sesuai perkembangan dari hasil survei secara maksimal, Partai Demokrat memang baik dengan Ketua Umumnya sesuai hasil pollingnya selalu naik secara signifikan. Wayan Adnyana juga berharap, hal itu akan berdampak dan berpengaruh secara langsung.

“Nanti terhadap di Bali, kita berharap di Bali terjadi peningkatan apa yang terjadi survei secara nasional terhadap partai Demokrat. Harapan kita terhadap Muscab kedepannya, tentu kita harapkan itu dari yang terpenting didalam Musda itu pertama, bagaimana dalam Musda itu kita melahirkan regulasi itu peraturan-peraturan yang betul-betul bermanfaat bagi organisasi, yang kemudian paling penting dari semua itu adalah bagaimana Muscab itu menjadi ajang memilih kepemimpinan yang baru”, tandasnya.

Melalui Muscab, Wayan Adnyana juga menilai terbentuk susunan struktur organisasi yang diisi oleh orang-orang yang kredibel dan betul-betul mampu nantinya, membesarkan partai Demokrat Bali, itu yang terpenting”, pungkasnya. (Ace/Red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button