BeritaDaerahHukum dan KriminalPemerintahanPendidikan

Gedung Kantor Imigrasi Singaraja Diresmikan, Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik

Jbm.co.id-BULELENG | Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim meresmikan gedung baru yang menjadi kebanggaan jajaran Imigrasi Singaraja Kanwil Kemenkumham Bali, Kamis, 18 Januari 2024.

Peresmian tersebut merupakan momentum bersejarah bagi jajaran Imigrasi Singaraja.

Hadir pada acara tersebut, Pj. Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, Sekretaris Ditjen Imigrasi, Kakanwil Kemenkumham Bali, Sekda Kabupaten Buleleng, Dandim 1609/Buleleng, Kapolres Buleleng, Kajari Buleleng, Perwakilan PN Singaraja, Danyonif Raider 900/SBW, Para Kepala Divisi pada Kanwil Kemenkumham Bali, Para Kepala UPT Keimigrasian pada Kanwil Kemenkumham Bali serta jajaran Forkopimda Kabupaten Buleleng.

Advertisement
Foto: Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim meresmikan gedung baru yang menjadi kebanggaan jajaran Imigrasi Singaraja Kanwil Kemenkumham Bali, Kamis, 18 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyampaikan, bahwa kolaborasi dan sinergi instansi pemerintah di Kabupaten Buleleng sangat baik, yang dibuktikan dengan setiap dilaksanakan kegiatan seluruh Forkopimda ikut menghadiri, contohnya saat peresmian gedung Kantor Imigrasi Singaraja hari ini.

Pj. Bupati menambahkan, bahwa pembangunan gedung Kantor Imigrasi Singaraja dilakukan dengan sangat baik dimana pada bulan Juli 2023 bersama Dirjen Imigrasi melaksanakan peletakan batu pertama dan bulan Januari 2024 bangunan Kantor Imigrasi Singaraja sudah berdiri dengan megah.

Hal ini tentunya mencerminkan komitmen Kementerian Hukum dan HAM khususnya Ditjen Imigrasi dalam mewujudkan dan meningkatkan pelayanan publik di bidang keimigrasian.

“Gedung sudah berdiri megah, yang kurang hanya lahan parkir. Dikarenakan BPBD sudah kami bangun gedung yang baru juga, lahan BPBD yang lama dapat diserahkan ke Kanim Singaraja untuk menunjang peningkatan kenyamanan masyarakat dalam pengurusan dokumen keimigrasiannya,” kata Pj. Bupati Buleleng.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Imigrasi menyampaikan apresiasi terhadap dukungan seluruh pihak yang terlibat termasuk pemerintah Kabupaten Buleleng dan seluruh jajaran Forkopimda.

Lalu lintas orang asing yang datang ke Bali mengalami peningkatan yang signifikan bahkan jika dibandingkan dengan jumlah lalu lintas sebelum Covid-19.

Bali sebagai salah satu barometer pariwisata, dimana imigrasi hadir sebagai fasilitator pembangunan dan pelayanan masyarakat dengan salah satu bentuk dukungan terwujudnya inisiasi layanan keimigrasian berupa inovasi-inovasi dan terobosan pada pelayanan visa dan izin tinggal bagi warga negara asing.

“Kantor ini bukan hanya sekedar sebuah gedung, melainkan simbol dari semangat pelayanan yang tulus untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” kata Direktur Jenderal Imigrasi.

Peresmian gedung Kantor Imigrasi Singaraja ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Direktur Jenderal Imigrasi bersama Pj. Bupati Buleleng disaksikan seluruh tamu undangan.

Direktur Jenderal Imigrasi juga menyampaikan bahwa dengan gedung yang representatif dan berbagai peningkatan pada Kantor Imigrasi Singaraja tentunya sangat berpotensi untuk kenaikan kelas menjadi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Singaraja.

Selanjutnya, didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Singaraja Hendra Setiawan, Direktur Jenderal Imigrasi bersama para undangan melakukan peninjauan ruang layanan bagi WNI dan WNA yang dilengkapi dengan fasilitas ruang bermain anak serta reading and snack corner untuk menambah kenyamanan pemohon.

Selain ruang layanan juga dilakukan peninjauan ke seluruh sudut gedung baru Kantor Imigrasi Singaraja, Kabupaten Buleleng kini memiliki Kantor Imigrasi yang megah sehingga diharapkan dengan telah diresmikannya gedung baru Kantor Imigrasi Singaraja dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas pelayanan kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya. (red).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button