Daerah

Gelar Garjas Periodik, Kodim Klungkung Uji Kemampuan Fisik Prajuritnya

JBM.co.id, Semarapura – Berbagai upaya terus dilakukan Kodim 1610/Klungkung dalam rangka memelihara serta meningkatkan kemampuan fisik prajuritnya.

Upaya itupun terlihat pagi ini, saat satuan dibawah kendali Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menggelar tes kesamaptaan jasmani periodik I TA. 2022, Selasa (12/04/22).

Disamping diikuti oleh seluruh prajurit, kegiatan yang digelar di lapangan GOR Swecapura Gelgel -Klungkung tersebut juga turut dihadiri oleh tim Jasmil Korem 163/Wira Satya dipimpin Kajasrem Kapten Kav I Wayan Sudiarta.

Dalam arahannya, Kajasrem 163/Wira Satya mengatakan, Garjas periodik merupakan program yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali dalam rangka mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit, sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani secara berkala.

Materi yang harus dilaksanakan prajurit dalam tes kesemaptaan jasmani ini meliputi, samapta A (lari selama 12 menit), samapta B yang terdiri dari pull up, sit up, push up, lunges dan shuttle run serta ketangkasan renang dasar militer gaya dada dengan jarak 50 meter, ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si mengatakan tidak hanya kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI.

Menurutnya Garjas ini merupakan salah satu tolak ukur pembinaan satuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik serta kemampuan kesemaptaan jasmani prajurit secara berkala, ungkapnya.

Lebih lanjut, Dandim 1610/Klungkung ini menambahkan bahwa meski Garjas ini merupakan kegiatan rutin, namun dirinya tetap mengingatkan agar penyelenggara maupun pelaku melaksanakan kegiatan dengan penuh tanggungjawab sesuai ketentuan yang berlaku.

Faktor keamanan dan keselamatan anggota selama kegiatan menjadi hal yang utama, apalagi dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Ingat, keberhasilan dalam suatu kegiatan bukan hanya karena hasil yang diperoleh saja, melainkan kegiatan berjalan dengan aman tanpa kerugian personel dan materiil, pungkas Pamen TNI AD lulusan tahun 2002 ini. (Ade).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button