Daerah

Danrem 163/Wira Satya Dampingi Kapolri Kukuhkan Forum Sipandu Beradat dan Bankamda di Gedung Ksirarnawa

JBM.co.id, Denpasar – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara langsung mengukuhkan forum Sipandu Beradat (Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat) dan Bankamda di Gedung Ksirarnawa,Taman Budaya Art Center Denpasar Jumat, (28/01/2022).

Turut hadir pada acara Pengukuhan Bankamda dan Peresmian Forum Sipandu Beradat, Kapolda Bali, Danrem 163/Wira Satya, Wakapolda Bali, Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Kodam IX/Udayana, Ketua DPRD Prov Bali, Bupati/Walikota se-Bali, Bendesa Agung MDA Prov Bali, Kadis PMA Prov Bali, Kadis PMDK Prov Bali, Kadis Kominfo Prov Bali, Kesbangpol Prov Bali,Kasat Pol PP Prov Bali, Petajuh Bendesa Agung MDA Prov Bali, Koordinator Kelompok Ahli Pembangunan Pemerintah Prov Bali, Koordinator Kelompok Ahli Hukum Pemerintah Prov Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Pemerintah Prov Bali Bidang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Kelompok Ahli Pembangunan Pemerintah Prov Bali Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Direktur Binmas Polda Bali, Kapolres/Kapolresta se-Bali,Dandim se-Bali, Kapolsek se-Bali, Manggala Utama Pasikian Pecalang MDA Prov Bali,Manggala Pasikian Pacalang Bali MDA Kab/Kota, Bendesa Madya MDA Kab/Kota, Ketua Forum Perbekel Prov Bali, Ketua Forum Perbekel Kab/Kota serta Camat se-Bali.

“Baru saja Kita semua menyaksikan dengan mengikuti secara langsung pengukuhan Bankamda dan Forum Sipanduberadat yang kita semua laksanakan dengan melaksanakan protokol kesehatan, Saya memberikan apresiasi dan kehormatan setinggi-tingginya kepada seluruh instansi yang membantu kelancaran kegiatan ini”Ujarnya.

Kapolri mengatakan, Bali merupakan salah satu provinsi yang masih mempertahankan desa adat, yang berisi kegiatan adat, budaya, kearifan lokal dan basis ekonomi tingkat hulu yang merupakan kekuatan masyarakat provinsi Bali.

Kekuatan utama dari Bali yang tidak dimiliki oleh desa lain adalah Desa Adat yang sampai saat ini masih dipertahankan.

Oleh karena itu terimakasih kepada Bapak Gubernur yang telah mengeluarkan Perda yang membantu desa adat tersebut yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun internasional.

“Kita lihat sepintas tadi, banyak permasalahan yang bisa diselesaikan dengan kearifan lokal, itu akan jauh lebih baik namun demikian apabila tidak bisa berjalan dengan baik, kita akan menggunakan hukum yang berlaku.

Terimakasih banyak untuk rekan-rekan telah menjaga komitmen di desa adat, sehingga Sipanduberadat ini telah hadir dari tingkat terendah sampai dengan tingkat tertinggi di Prov Bali ini.

Ini merupakan potensi kekuatan yang baik yang bisa terus kita jaga dan kita apresiasi terhadap dampak positif kehadiran Forum Sipanduberadat, yang mana terbukti Bali merupakan daerah yang persentase kejahatan paling rendah di Indonesia”, Tegasnya.

Gubenur Bali I Wayan Koster mengatakan Peresmian ini adalah suatu kebanggaan, Kehormatan dan kami ucapkan terima kasih untuk Bapak Kapolri, sekaligus juga ini menjadi tanggung jawab kita bersama, agar ini semua berjalan efektif di lapangan.

Kedepan Bali merupakan tempat pertemuan G20 yang sangat penting, kita bisa memberdayakan Sipanduberadat ini. Kami juga berharap Bapak Kapolda dan Bapak Danrem dapat terus memberikan masukan dan dorongan demi tercapainya dan terwujud keamanan dan kenyamanan masyarakat lokal dan turis yang berada di Bali.

“Bedanya dengan daerah lain Desa adat memiliki fungsi utama menjaga adat, tradisi, seni, budaya dan kearifan lokal Bali. Desa adat ini di atur dalam Perda nomor 4 tahun 2019 tentang Desa adat di Bali. Basis Desa adat ini sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan dapat bekerjasama dan membantu kerja Polisi dan TNI. Bukan hanya keamanan domestik, tapi juga keamanan dan kenyamanan turis asing yang berwisata di Bali, Semoga dengan adanya Sipanduberadat ini, dapat dibawa oleh Bapak Kapolri dan dapat pula dijadikan contoh untuk daerah lainnya”, katanya.(Red/Aj).

Penrem 163/Wira Satya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button