Daerah

Ketua TP PKK Denpasar Ny. Antari Jaya Negara Talk Show Sinergitas Program dan Kegiatan dengan TP PKK Provinsi Bali

JBM.co.id, Denpasar – Wujudkan keluarga sehat, cerdas dan budaya bertaqwa menuju Indonesia maju di Tahun 2024, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ni Made Suastini menggelar talk show Sinergitas Program dan Kegiatan TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kota Denpasar di RPKD 92.6 FM Pemerintah Kota Denpasar Jumat (28/1).

Acara ini juga hadir Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, program dan kegiatan TP PKK Kota Denpasar selalu bersinergi dengan program TP PKK Provinsi Bali tahun 2021 yaitu: Pokja 1 melaksanakan Webinar bijak dan cakap dalam menggunakan teknologi bagi keluarga. Pokja II memberikan pelatihan SDM tata kelola Usaha bagi kelompok UP2K PKK. Pokja III sosialisasikan gerakan Aku Hatinya PKK kepada para kader PKK Kecamatan, Desa/Kelurahan. Pokja IV Sosialisasi gerakan pencegahan stunting melalui gerakan 1000 HPK.

Untuk kegiatan kesekretariatan dilakukan sosialisasi rakernas IX TP PKK dan pelatihan administrasi secara berjenjang di tingkat Kecamatan/Desa dan Kelurahan. Untuk kegiatan sosial memberikan berbagai bantuan PMT dan sembako serta paket sayur dan ikan kepada Balita Gizi Kurang dan ibu hamil KEK di Kota Denpasar yang belum mendapatkan bantuan dari TP PKK Provinsi Bali dengan tujuan berupaya memenuhi kebutuhan Gizi Balita dan Ibu Hamil guna mencegah terjadinya stunting pada Balita.

Dengan jumlah sasaran Balita: 186 paket dan ibu hamil KEK 152 paket pada tahun 2021. Tidak hanya itu tahun 2022, PKK Denpasar juga memberikan bantuan kepada Balita 129 orang, ibunhamil KEK 86 paket, penyandang Disabilitas sebanyak 86 paket, Kader PKk 473 orang, Lansia 86 orang dan memberikan bantuan paket vitamin bagi kader Posyandu sebanyak 2600 “Semua pogram yang dikerjaklan telah disinergikan dengan TP PKK Provinsi Bali,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Sekretaris Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ni Made Suastini mengatakan, program Kerja TP PKK Provinsi Bali hanya dua sosialisasi dan aksi sosial.

Dari program itu diharapkan sinergitas dari Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota Se Bali. Kegiatan sosialisasi itu telah dilaksanakan pada bulan Januari ini dan dilakukan di 5 media serta sekarang di Radio RPKD Kota Denpasar. “Sosialisasi ini sangat penting dilakukan di saat pandemi seperti saat terkait program PKK,” kata Suastini.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan PKK perlu disosialisasikan karena PKK itu strukturnya paling lengkap yaitu dari pusat sampai ke kelompok-kelompok dasa wisma bahkan payung hukumnya juga sudah jelas. Visi Misi PKK adalah terwujudkan keluarga sehat, cerdas dan budaya, bertaqwa menuju Indonesia di tahun 2024.

Dari visi tersebut terbentuk agenda yang prioritas yaitu harus terwujudnya peningkatan ekonomi, revolusi mental , peningkatan pelayanan dasar dan lingkungan hidup.

Untuk mencapai tersebut pihaknya sudah lakukan 5 misi yaitu pembentukan karakter keluarga melalui pola asuh berdasarkan nilai-nilai dasar pancasila, meningkatkan pendapatan ekonomi dan pendidikan keluarga, mempertahankan pemahaman ekonomi, pangan keluarga melalui asupan sandang tata laksana rumah tangga, meningkatkan kesehatan keluarga lingkungan hidup dan pelaksanaan kehidupan sehat dan yang terpenting modernisasi PKK dengan memanfaatkan teknologi informasi. (Red/Aj).

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button