Daerah

Kabar Gembira!!! Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Telah Layani Permohonan Paspor Pakai Aplikasi M-Paspor

JBM.co.id, Mangupura – Kabar gembira datang dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, yang beralamat di Jalan Perum Taman Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Salah satu UPT (Unit Pelaksana Teknis) Berprestasi di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali ini, telah melayani permohonan paspor melalui aplikasi M-Paspor (Mobile Paspor), pada Jumat (14/1/2022).

Kakanim (Kepala Kantor Imigrasi) Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, I Nyoman Gede Surya Mataram, SH., MH., menyebutkan, peluncuran aplikasi M-Paspor bertujuan, untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor. Melalui aplikasi M-Paspor, masyarakat dapat mengajukan permohonan paspor, dengan mengunggah kelengkapan berkas melalui aplikasi M-Paspor.

“Urus paspor semudah itu pakai M-Paspor, tak perlu bawa-bawa berkas fotokopian, bisa pilih jadwal sendiri dan bisa diakses dari mana saja,” terangnya.

Dijelaskan, dalam aplikasi M-Paspor terdapat fitur-fitur yang mempermudah tahapan permohonan paspor yang biasa dilakukan secara tatap muka di Kantor Imigrasi Ngurah Rai. Fitur-fitur tersebut antara lain Pembayaran PNBP diawal, Reschedule Jadwal Kedatangan, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil dan aplikasi terintegrasi dengan sistem Dokumen Perjalanan RI yang ada di Kantor Imigrasi.

Kakanim Surya Mataram mencontohkan, dalam Pendaftaran Akun, terlebih dahulu masyarakat mengunggah aplikasi M-Paspor di Play Store dan App Store.
Selanjutnya, dilakukan Pendaftaran Akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pilih “Daftar Akun” pada halaman awal.
2. Lengkapi data diri, kemudian pilih “Daftar”.
3. Cek email aktivasi yang masuk di email Anda.
4. Klik “Aktivasi Akun Anda” pada email aktivasi yang masuk.
5. Pendaftaran Akun selesai dan siap digunakan untuk mengajukan permohonan.

 

Berikutnya, Kakanim Surya Mataram menambahkan, untuk Pengajuan Permohonan dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Pilih “Pengajuan Permohonan”.
2. Unggah berkas persyaratan.
3. Pilih lokasi Kantor Imigrasi dan jadwal kedatangan.
4. Lakukan pembayaran PNBP (bisa online/offline).
5. Datang ke Kantor Imigrasi untuk wawancara dan foto, sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih.
6. Jangan lupa membawa berkas asli, pada saat datang ke Kantor Imigrasi.

Lebih lanjut, dijelaskan, nantinya, masyarakat hanya perlu mengunggah berkas persyaratan dan memilih Kantor Imigrasi serta jadwal kedatangan yang diinginkan. Masyarakat juga dapat melakukan reschedule pada H-1, jika terdapat perubahan jadwal kedatangan.

Selanjutnya, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran secara online melalui beberapa marketplace, bank, kantor pos dan mini market. Setelah dokumen diunggah, masyarakat perlu melakukan pembayaran, maksimal dua jam setelah mengunggah dokumen.

 

Terakhir, masyarakat hanya tinggal menunggu paspornya diantarkan ke alamat masing-masing, dimana pemohon dapat meminta paspor yang sudah jadi untuk dikirimkan ke rumahnya melalui jasa PT. Pos Indonesia. Menurutnya, aplikasi M-Paspor telah tersedia di Playstore dan Appstore.

“Yuk, segera unduh aplikasinya di Play Store dan App Store”, pungkasnya. (Red/Ace).

Related Articles

4 Comments

  1. 836477 632682Hey, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boring I miss your tremendous writings. Past few posts are just a bit out of track! come on! 743348

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button