Hukum

Dibuka Resmi Kadivpas Suprapto, Rutan Kelas II B Negara Ditetapkan sebagai Rutan Bersinar, Bersama BNNP Bali Perangi Narkoba “War on Drugs”

JBM.co.id, Jembrana – Bertepatan dengan Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja tahun 2022, Kadivpas (Kepala Divisi Pemasyarakatan) DR. Suprapto Bc.IP.,SH.,MH., yang mewakili Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk membuka secara resmi pencanangan Rutan Bersinar, yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 (tiga) kali oleh Kadivpas Suprapto sebagai tanda bahwa Rutan Kelas II B Negara ditetapkan sebagai Rutan yang Bersinar.

Dalam pencanangan Rutan Bersinar tersebut disaksikan oleh Kepala BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Bali, Brigjen Pol.Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH.,M.Si., Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu AlKhatab, Bupati Jembrana yang diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Perwakilan Kepala Kepolisian Resor Jembrana, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Jembrana, Ketua Pengadilan Negeri Negara, Ni Made Oktimandiani, Perwakilan Dandim 1617/Jembrana, Danyonif Mekanis 741/GN, dan Perwakilan Subdenpom IX/3-2 Jembrana.

Sementara itu, pencanangan Rutan Kelas II B Negara sebagai Rutan Bersinar (Bersih dari Narkoba) dilaksanakan di Aula Garuda Wisnu Kencana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Negara, Kabupaten Jembrana, pada Kamis (13/1/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk yang diwakili oleh Kadivpas (Kepala Divisi Pemasyarakatan) DR. Suprapto Bc.IP.,SH.,MH., menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan titik awal dalam menyatakan komitmen, untuk meningkatkan kinerja lebih baik di awal tahun 2022, sekaligus merupakan kesungguhan serta komitmen untuk mewujudkan program Zero Halinar (Bersih dari HP, Pungutan Liar dan Narkoba) sebagai program Kementerian Hukum dan HAM.

Menurut Kadivpas Suprapto, program ini berjalan paralel dengan program BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Bali yang disebut Bali Bersinar (Bersih dari Narkoba).

“Rutan Negara harus bebas dari Narkoba. Semoga juga, Warga Binaan ini bisa bersih dari ketergantungan mengunakan Narkoba. Ini sangat baik dan kita harapkan, semoga jalinan koordinasi ini, bisa berjalan terus dan bantuan akan terus bersama-sama dalam tugas kita memberantas Narkoba,” terang Kadivpas Suprapto.

Baca Juga :  KASUS OROK DIMAKAN BIAWAK: KETUT FSK NGAKU ‘MAKE LOVE’ DENGAN BANYAK PRIA

Sementara itu, Kepala BNNP (Badan Narkotika Nasional) Bali, Brigjen Pol.Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH.,M.Si., menyampaikan, pihaknya terus berupaya mencari inovasi-inovasi baru dalam upaya memerangi Narkoba, seperti program yang dicanangkan Kepala BNN RI, Komisaris Jenderal Polisi Dr.Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M., yang mengusung tema “War on Drugs” yaitu perang melawan Narkoba, melalui penegakan Hard Power, Soft Power maupun Smart Power dalam mewujudkan Indonesia Bersinar.

Lebih lanjut, Gde Sugianyar menegaskan, pencanangan Rutan Bersinar merupakan bentuk partisipasi dan sinergitas kelembagaan dalam menciptakan lingkungan Bersih dari Narkoba. Lanjutnya, paling tidak, diperlukan 3 (tiga) hal sebagaimana disebutkan amanat Inpres Nomor 2 Tahun 2020.

“Yang pertama, menyusun kebijakan atau regulasi Anti Narkoba di lingkungannya masing-masing, baik berupa Aturan Tata Tertib, Surat Edaran atau Peraturan lainnya yang bersifat mengikat. Kemudian, yang kedua, melaksanakan kegiatan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) di lingkungan secara mandiri dan berlanjut, seperti kampanye War on Drugs dan sosialisasi Bahaya Narkoba serta deteksi dini melalui tes urine dan sebagainya. Terakhir, yang ketiga, membentuk relawan atau satuan tugas Narkoba di lingkungannya masing-masing sebagai penggerak pelaksanaan P4GN yang selalu bekerjasama dengan BNN,” ungkap Gde Sugianyar.

Pada kesempatan ini pula, Karutan (Kepala Rumah Tahanan) Kelas II B Negara, Bambang Hendra Setyawan mengucapkan terima kasih atas dicanangkan Rutan Kelas II B Negara sebagai Rutan Bersinar (Bersih dari Narkoba), sekaligus dianugerahkan penghargaan Rutan Bersinar oleh Kepala BNNP Bali, Brigjen Pol.Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH.,M.Si., kepada UPT (Unit Pelaksana Teknis) Rutan Kelas II B Negara.

Karutan Hendra Setyawan menyebutkan, program Rutan Bersinar ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi Zero Halinar dan Penandatanganan Komitmen Bersama seluruh Pegawai dan WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan)
yang telah diselenggarakan, pada tanggal 22 September 2021 lalu, yang puncak kegiatannya dilaksanakan, pada tgl 30 Desember 2021 melalui gelar Razia Gabungan bersama TNI-Polri,
BNNP Bali dan Satopspatnal Wilayah-UPT Pas se-Bali pada Blok Hunian, sekaligus pelaksanaan tes urine secara massal kepada seluruh Pegawai dan WBP.

Baca Juga :  Presdir Bua Sakti Indonesia Merasa Kecewa Dengan Kinerja Dinkes Kota Palembang

“Dalam catatan kami, di Rutan Negara tidak ada temuan barang terlarang, baik HP ilegal maupun Narkoba serta hasil tes urine seluruhnya negatif”, paparnya.

Menurut Karutan Hendra Setyawan, program Rutan Bersinar sejalan dengan program pemerintah, dalam mewujudkan Indonesia Bersinar. Selain ikut serta mensukseskan program pemerintah dalam melakukan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) melalui “War on Drugs”, pihaknya juga ingin memastikan situasi dan kondisi organisasi “Clear & Clean”. Mengingat tahun 2022 ini, pihaknya bersama seluruh jajarannya menaruh sebuah harapan dan keinginan, untuk mewujudkan cita-cita Pemasyarakatan, seiring dengan keinginan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan “Back to Basic”, kembali kepada dasar tujuan dan cita-cita Pemasyarakatan, yaitu memulihkan kesatuan hubungan hidup WBP dengan Sang Pencipta-Nya, kesatuan hubungan kehidupan WBP dengan sesamanya dan kesatuan hubungan penghidupan WBP dengan pekerjaannya, dalam menafkahi diri dan keluarganya.

“Setelah seluruhnya “Clear & Clean, maka melalui tema yang kami usung pada tahun ini, yaitu “Mengawal Proyek Perubahan, dalam rangka Membangun Manusia Mandiri menuju Pemasyarakatan semakin PASTI”, kami berupaya melalui program pembinaan, baik kepribadian dan kemandirian, akan berupaya mengantarkan mereka agar menjadi lebih baik, menyadari kesalahannya, memperbaiki diri dan insaf atau sadar, untuk tidak mengulangi perbuatannya melanggar hukum, karena mereka bukan penjahat, hanya tersesat, belum terlambat, untuk bertobat”, paparnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bali, Umar Ibnu AlKhatab yang mendukung pernyataan, bahwa Narkoba sebagai kejahatan yang luar biasa. Untuk itu, diperlukan selalu kerjasama dan saling berkolaborasi antar instansi dalam upaya memerangi Narkoba.

“Tidak hanya BNN sendiri yang memerangi Narkoba dengan slogan “War on Drugs, akan tetapi, instansi lainnya juga turut serta memberantas Narkoba. Dia capek jika berjalan sendirian. Untuk itu, diperlukan peran kita semuanya dan juga keterlibatan semua elemen masyarakat di dalam memberantas Narkoba sebagai upaya menyelamatkan bangsa dari pengaruh Bahaya Narkoba. Jika ada yang tahu, ada yang terkena Narkoba, kita punya kewajiban untuk melapor ke BNN”, tuturnya.

Baca Juga :  Kriteria yang Harus Dimiliki Calon Kapolri yang Akan Menggantikan Idham Azis

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Karutan Hendra Setyawan menghaturkan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya telah berkenan hadir dalam acara ini, sehingga memberikan kekuatan, semangat dan energi positif bagi Rutan Negara beserta seluruh jajaran untuk berkarya, berinovasi dan berprestasi di tahun 2022 ini. Bahkan, pihaknya berharap, sinergitas dan kolaborasi yang selama ini telah terjalin dengan baik serta dukungan yang luar biasa dari seluruh pimpinan, baik internal maupun eksternal akan terus berjalan dan tak lekang oleh waktu, untuk terus bergerak lebih aktif meraih prestasi.

“Hal ini jadi motivasi bagi kami dan seluruh jajaran Rutan Kelas II B Negara untuk bergerak lebih aktif dan masif dalam meraih prestasi demi prestasi,” pungkas Karutan Hendra Setyawan.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Rutan Kelas II B Negara saling bertukar cenderamata dengan Kepala BNN Provinsi Bali berupa souvenir replika patung dua kerbau sedang membajak sawah sebagai hasil karya Narapidana Rutan Kelas II B Negara.

Kemudian, kegiatan diakhiri dengan penampilan Runa Band yang membawakan lagu berjudul “Aku Anti Narkoba”. Setelah kegiatan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022 dan Pencanangan Rutan Kelas II B Negara sebagai Rutan Bersinar, juga dilaksanakan kegiatan tes urine dan sosialisasi mengenai tes urine terhadap seluruh petugas Rutan Kelas II B Negara, yang hasilnya diketahui negatif. (Red/Ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: