Daerah

Gubernur Bali Apresiasi Kerja Keras Bupati Sedana Arta Dalam Menata Alun Alun Kota Bangli

JBM.co.id, Bangli – Gubernur Bali I Wayan Koster resmikan alun alun Kota Bangli pada pukul 19 wita,acara diawali dengan penandatanganan prasasti bersama dengan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,Rabu (12/1/22).

Hadir dalam acara peresmian alun alun kota Bangli adalah anggota DPRD Bali I Nyoman Adnyana,Bupati Kelungkung I Nyoman Suwirta, Jajaran Forkompinda Bangli,Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Pimpinan dan anggota DPRD Bangli, Kepala Desa se Kabupaten Bangli dan Bendesa Adat se Kabupaten Bangli.

Dalam sambutanya Gubernur Bali I Wayan Koster mengapresiasi suksesnya pembangunan alun alun kota Bangli dan akan komit mendukung sejumlah program pembangunan yang saat ini dirancang Pemerintah Kabupaten Bangli.

“Saya bangga dengan Pak Bupati, belum setahun jadi Bupati tapi sudah bisa melakukan perubahan yang sangat cepat dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Bangli”,  katanya.

Menurut Gubernur apa yang menjadi visi misi Bupati sudah mulai bisa diwujudkan menuju Bangli Era Baru.

“Saya bangga lapangan ini dapat ditata dengan baik, dengan penataan yang multifungsi sehingga ini bisa menjadi icon Bangli dimana perubahan mulai dirasakan masyarakat”, ungkapnya.

Baca Juga :  Andi Surya: Pencegahan Corona, Patuh Pola Hidup Sehat dan Bersih

Dikatakan juga oleh Gubernur bahwa Bupati Bangli Sedana Arta adalah seorang pemimpin yang berani dan pekerja keras, adalah contoh kepemimpinan yang baik untuk membangun bali.

Oleh karenanya Gubernur kedepannya akan mendukung program program pembangunan bangli, melalui BKK di tahun 2022 akan dibantu sejumlah Rp 50 Milyar, dan ditahun 2023 bangli akan diprioritaskan dalam pembangunan.

“Bangli tidak bisa dibangun sembarangan,karena bangli punya karakteristik spesifik, dimana dibangli terdapat desa desa kuno yang sangat kuat untuk kita bangun menjadi kebanggan bali”, kata Gubernur asal Desa Sembiran Buleleng.

Sementara itu Bupati Bangli Sedana Arta mengatakan bahwa alun alun Kota Bangli yang dibangun diatas lahan seluas 22.430 meter persegi ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti lapangan voli,lapangan basket, lapangan tenis, food court, skateboard, stage utara, pucukbang play ground, entry gate, terapi lansia dan laktasi.

Proyek alun alun Kota Bangli menelan anggaran sekitar Rp 21 Milyar dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Bangli. Sementara desain bangunannya dirancang oleh putra bangli yaitu Ngakan Ketut Acwin Dwijendra.

Baca Juga :  Kapolres Bersama Dandim, Kepala Kejaksaan dan Bupati Bangli Pantau Situasi Penyekatan PPKM Darurat di Perbatasan Bangki - Gianyar

Bupati Bangli juga menyebutkan pasca tuntasnya pembangunan alun alun pada tahun 2022 ini pihaknya masih memiliki sejumlah pekerjaan pembangunan besar lain, seperti pembangunan Pasar Singamandawa, penataan Penelokan,jalan hotmix dan kelanjutan pembangunan Rumah Sakit Umun serta pengadaan lahan untuk Pusat Olahraga.

“Selain itu ada rencana kita membangun sirkuit drag race,mungkin hanya bangli satu satunya pemerintah daerah yang berani memfasilitasi supaya kebut kebutan liar ini bisa hilang dan juga bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat dan lingkungan,” ungkapnya.

Sedana Arta juga menjelaskan bahwa sebelum peresmian pada Rabu pagi dilaksanakan upacara Manca Kelud, Ngeresigana, Melaspas Pelinggih dan Alun alun, Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Sidemen dari Geria Jaksa Banjar Pande Bangli dan Ida Pedanda Istri Kania Geria Alang Kajeng Nongan Karangasem.

Menurut Sedana Arta upacara yang dilaksanakan adalah rangkaian melaspas seluruh bangunan yang telah selesai pengerjaannya dimana upacaranya dipuput oleh dua Sulinggih Siwa dan Budha.

Baca Juga :  Koalisi Golkar-PKB Menguat Untuk Pilkada 2020 di Lampung

ASN juga terlibat ngayah Rejang Renteng baris sebagai bentuk bakti kepada sang pencipta sehingga semua perencanaan pembangunan terkait alun alun akhirnya bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Terkait acara hiburan dalam rangkaian dibukanya alun alun disampaikan oleh Bupati akan berlangsung sampai hari Minggu (16/1/22).

“Fasilitas food court mulai hari ini sudah dibuka,mudah mudahan masyarakat kita semakin punya ruang terbuka hijau di kota untuk tempatnya berkreasi,” kata Bupati asal Desa Sulahan Kecamatan Susut.

Sebagai penutup Bupati Sedana Arta menghimbau masyarakat yang hadir untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Penerapan prokes itulah satu satunya cara mencegah penularan covid 19 sehingga kita tidak perlu panik lagi,terlebih kita sudah dua tahun melewati pandemi. walaupun isu isu virus omicron masih ada, jangan panik, tetap gunakan prokes”, katanya. (Red/Surya).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: