Hukum

Ditinjau Langsung Kadivpas Suprapto, 16 Narapidana Dipindahkan dari Rutan Kelas II B Bangli ke Lapastik Kelas II A Bangli

JBM.co.id, Bangli – Kadivpas (Kepala Divisi Pemasyarakatan) Kantor Kementerian Hukum dan HAM Bali, DR. Suprapto, Bc.IP., SH., MH., meninjau langsung kegiatan pendampingan dan pemindahan Narapidana dari Rutan Kelas II B Bangli ke Lapastik (Lembaga Pemasyarakatan Narkotika) Kelas II A Bangli, pada Selasa (11/1/2022).

Adapun dasar hukum pemindahan Narapidana disebutkan berdasarkan Surat Perintah Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kementerian Hukum dan HAM Bali bernomor W20.UM.02.07-tanggal 10 Januari 2022 tentang pendampingan dan pemindahan Narapidana dari Rutan Kelas II B Bangli ke Lapastik Bangli.

Kadivpas Suprapto menyampaikan, bahwa giat pendampingan dan pengawalan pemindahan Narapidana dilakukan oleh petugas Satopspatnal Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

Lanjutnya, kegiatan pemindahan dilakukan terhadap 16 (enam belas) Narapidana oleh Tim Divisi Pemasyarakatan ini, bertujuan untuk mengatasi Over Kapasitas pada Rutan Kelas II B Bangli.

“Para Narapidana yang dipindahkan adalah mereka dalam kasus Narkotika, sehingga pembinaannya akan lebih fokus”, terang Kadivpas Suprapto.

Menurut Kadivpas Suprapto, pemindahan Narapidana dilakukan, dalam rangka menindaklanjuti program distribusi Narapidana, yang berada didalam Lapas dan Rutan dengan daya tampungnya melebihi 300%.

Lebih lanjut, Kadivpas Suprapto menambahkan, pemindahan Narapidana untuk mengurangi Over Croading, karena Rutan Bangli sebagai penyangga Tahanan yang berasal dari Kabupaten Badung, Denpasar, Gianyar dan Kabupaten Bangli.

“Setiap Tahanan yang sudah divonis diatas dua tahun, agar segera dipindahkan secara bertahap ke beberapa Lapas di wilayah Bali”, bebernya.

Dipaparkan, Tim Pendampingan Divisi Pemasyarakatan berangkat menuju Rutan Kelas II B Bangli, yang kemudian langsung berkoordinasi dengan petugas registrasi Rutan Bangli.

Lalu, Petugas Rutan Bangli berangkat memindahkan 16 (enam belas) Narapidana menuju Lapastik Kelas II A Bangli.

“Keluar dari Rutan Bangli, Tim langsung berangkat menggunakan kendaraan Transpas menuju Lapastik dikawal 7 (tujuh) orang Petugas Rutan Bangli dan 5 (lima) orang Tim Pendampingan Divisi Pemasyarakatan. Kemudian, tiba di Lapastik Bamgli, Narapidana langsung masuk ke ruang portir untuk dicek suhu tubuh oleh petugas kesehatan. Lalu, Narapidana langsung diamankan ke ruang kunjungan untuk dilakukan pendataan”, ungkapnya.

Selanjutnya, Narapidana dalam keadaan sehat diterima oleh Kasi Binadik yang mewakili Kepala Lapas Narkotika Bangli dan dilakukan penandatanganan serah terima Narapidana antara Petugas Rutan Bangli dengan petugas Lapastik Bangli disertai pengecekan berkas yang lengkap dan disaksikan Tim Pendampingan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali.

Di akhir acara, Kadivpas Suprapto berharap, agar lebih diintensifkan pengontrolan dan penggeledahan Blok Hunian di Rutan Bangli dan juga Lapastik Bangli dengan cara memperketat barang titipan, baik dari keluarga WBP atau Warga Binaan Pemasyarakatan maupun barang bawaan petugas.

“Pendampingan dan pengawalan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan dan sesuai dengan SOP pemindahan”, pungkas Kadivpas Suprapto. (Red/Ace).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

4 Comments

  1. 88130 164867Official NFL jerseys, NHL jerseys, Pro and replica jerseys customized with Any Name / Number in Pro-Stitched Tackle Twill. All NHL teams, full range of styles and apparel. Signed NFL NHL player jerseys and custom team hockey and football uniforms 100501

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button