Kriminal

Polres Bangli Berhasil Bekuk Empat Tersangka Kawanan Curanmor

JBM.co.id, Bangli – Satuan Reserse Kriminal Polres Bangli mengamankan empat tersangka yang menjadi satu komplotan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Belajar dari internet, empat kawanan ini menggunakan kunci T berkeliling mencari sasaran.

Keempat tersangka tersebut berinisial AM (24), PW (28), RN (29), dan SL (30). Keempatnya berasal dari satu desa di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Mereka diamankan di kawasan Ubung, Denpasar, pada Jumat (24/12) lalu.

Saat Pres release hari ini, Senin (27/12) Kasat Reskrim AKP Androyuan Elim mengatakan Ada 10 TKP berbeda di tiga lokasi yakni Bangli, Gianyar dan Kabupaten Klungkung yang sudah berhasil dijamahnya dengan 10 unit sepeda motor barang bukti.

Dirinya mengungkapkan, penangkapan mereka berawal dari adanya laporan kehilangan sepeda motor jenis Honda Scoopy warna hitam milik I Ketut Sudarmanta, Minggu (19/12) di kawasn Banjar Tingkad Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli.

Baca Juga :  Polisi Ringkus Pelaku Pengedar Uang Palsu di Jembrana

“Saat itu korban sedang mandi di sungai. Sepeda motornya diparkir di atas di pinggir jalan. Selang tiga puluh menit kemudian, motornya sudah tidak ada di lokasi,” kata Elim.

Tim Opsnal lalu melakukan penyelidikan secara intensif dengan mempelajari sekitar TKP. Hasilnya, tim mendapat informasi tentang identitas pelaku bernama Manaf.

Kemudian pada hari Jumat (24/12) pukul 16.15 wita, tim berpura-pura sebagai pembeli dari sepeda motor curian tersebut. Kebetulan saat itu tersangka Manaf bersama tiga rekannya sedang melakukan transaksi serupa di kawasan Jalan Cokroaminoto, Ubung, Denpasar Utara. “Di sana kami langsung amankan para tersangka beserta satu barang bukti motor Scoopy milik korban dari Tembuku,” sebut Elim.

Baca Juga :  Guna Keamanan dan Kelancaran, Personil Polsek Bangli Amankan dan Bantu Kegiatan Bagi Masker

Setelah dilakukan Pemeriksaan dan pengembangan, didapati lagi sepeda motor jenis Honda Beat milik korban I Nengah Widiastra yang sebelumnya juga hilang dicuri dua jam sebelumnya.

“Selain dua itu, kami juga berhasil amankan delapan unit sepeda motor lainnya yang juga sebagai hasil curian di tiga tempat. Yaitu empat di Bangli, empat di Gianyar, dan dua kendaraan dicuri di kawasan Klungkung,” bebernya.

Rinciannya, Honda Scoopy warna Hitam Coklat (Tembuku Kaja), Honda Beat warna putih merah (Tingkad Batu, Tembuku), Honda Beat warna putih strip biru (Susut), dan jenis Honda Beat warna putih strip merah (Pengotan).

Selanjutnya wilayah hukum Polres Gianyar, Honda Scoopy warna abu strip oranye (Payangan), Honda Beat Hitam merah strip merah (Ubud), Honda Scoopy warna putih (Gianyar), dan satu sepeda motor jenis Honda Beat warna hitam strip merah (Ubud).

Baca Juga :  Polsek Nusa Penida Tangkap Pencuri Brangkas Kantor Desa Sakti

Sedangkan di wilayah hukum Polres Klungkung ada dua TKP berbeda yaitu, satu Honda Beat warna putih biru strip biru di seputaran Banjarangkan, dan satu lagi Honda Vario Techno 125 warna hitam strip abu dicuri di kawasan Kota Klungkung.

Kasat Reskrim menjelaskan Modus pelaku dengan menaiki dua sepeda motor mereka berkeliling mencari, Begitu melihat ada motor terparkir tanpa ada pemilik di sekitarnya langsung menjadi sasaran.

Keempat tersangka disangkakan Pasal 363 Ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUHP Sub Pasal 362 KUHP Jo Pasal 55 Ayat (1) atau Pasal 56 Ayat (1) KUHP. (Red/Sang Tut).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: