Ekonomi & Bisnis

Dukung Usada Kelapa, Yayasan Dalem Gedong Ratih Gelar Acara Pabligbagan Bersama Pengrajin VCO se-Bali

JBM.co.id, Badung – Sesuai konsep mekarya lan meyadnya, Yayasan Dalem Gedong Ratih yang beralamat di Jalan Raya Mambal-Semana, Banjar Umahanyar, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung melaksanakan acara “Pabligbagan Bersama” dengan semua pengrajin VCO (Virgin Coconut Oil) se-Bali, yang mendiskusikan manfaat VCO, guna mendukung pembuatan Usada Kelapa, pada Selasa (23/11/2021).

Ketua Umum Yayasan Dalem Gedong Ratih, I Ketut Dharma Kresna Wijaya, SE.,M.Sos., mengungkapkan, VCO atau Virgin Coconut Oil merupakan intisari kelapa, yang berguna menunjang kesehatan tubuh, karena tak mengandung banyak senyawa yang bersifat karsinogenik.

Baca Juga :  Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Perbaikan Infrastruktur DTW Buleleng Terus Dilakukan

Dijelaskan, manfaat VCO tidak hanya dinikmati untuk perawatan kecantikan saja, akan tetapi, dengan bantuan minyak VCO juga bisa merawat kesehatan keluarga serta berfungsi sebagai sarana pengobatan.

Di Bali, disebutkan Kresna Wijaya, pihaknya mengenal sistem pengobatan Bali, yang identik dengan minyak. Namun, dalam zaman globalisasi ini, biar tidak pengobatan di Bali identik dengan istilah “Minyak Piing”.

Lebih lanjut, Kresna Wijaya menyebutkan Yayasan Dalem Gedong Ratih berkeinginan berkarya, dengan cara mengumpulkan perajin VCO se-Bali, agar bisa terus berkreasi. Selanjutnya, pihaknya akan berupaya memadukan berbagai lontar pengobatan Bali dengan kandungan VCO.

Lebih lanjut, Kresna Wijaya menambahkan, kalau di Bali, ada 108 jenis kelapa dan didalam 108 jenis tersebut, diketahui terkandung 35 jenis kelapa niskala, yang bermanfaat untuk pengobatan atau usada.

Baca Juga :  Start Up Panenpa Hadirkan "Tangan Umat" Kolaborasi Konkret Masa Pandemi

“Semua beda karakter, beda khasiat dan beda minyaknya, yang bisa digunakan untuk pengobatan, untuk urut dan juga minum bisa nantinya,” terang Kresna Wijaya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas hadirnya semua pengrajin VCO se-Bali, sehingga acara pabligbagan bisa berjalan dengan baik, dalam rangka mendukung Yayasan Dalem Gedong Ratih membuat Usada Kelapa, sesuai konsep mekarya lan meyadnya.

Baca Juga :  Hadiri Sosialisasi KUR, Sekda Bali Dewa Indra Apresiasi Penyaluran KUR

Berikutnya, Ketua Umum Yayasan Dalem Gedong Ratih, I Ketut Dharma Kresna Wijaya, SE.,M.Sos berharap, agar kedepannya, usada kelapa bisa diplanning untuk eksperimen menuju tahap penyempurnaan, yang direncanakan akan diproduksi dalam jumlah besar.

“Kami planning untuk eksperimen dulu. Sudah berjalan eksperimennya 2 (dua) tahun ini. Hasilnya cukup bagus, namun masih tahap penyempurnaan. Karena, nanti kita akan produksi dalam jumlah besar,” pungkas Kresna Wijaya. (Red/Ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: