Kesehatan

Tambah Layanan, RSU Negara Buka Poli Paru dan Bangun Gedung Baru Hemodialisa

JBM.co.id, Jembrana – RSU Negara terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Kali ini, pelayanan kembali ditambah dengan dibukanya poli paru oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, kamis ( 4/11).

Selain meresmikan poli paru, juga dilaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru hemodialisa dengan sistem kerjasama operasional dengan swasta.

Turut hadir saat peresmian Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.
Menurut Bupati Tamba peningkatan pelayanan ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Hari ini adalah hari baik ( sugihan jawa) kita laksanakan peresmian . Semoga penambahan layanan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Menyurangi beban mereka, jadi biaya yang dikeluarkan lebih sedikit karena tidak perlu keluar daerah lagi,” kata Tamba .

Poli baru itu kata Bupati Tamba bisa meminimalkan rujukan ke rumah sakit diluar Jembrana.

” Kedepan akan tambah lagi sarana dan prasarana lainnya sehingga Masyarakat Jembrana tidak perlu lagi jauh jauh keluar Jembrana untuk berobat,” imbuhnya.

Terkait dengan pembangunan gedung Hemodialisa yang baru, bupati berharap Kerjasama selain lebih efisien juga bisa saling menguntungkan. Dengan menggandeng pihak ketiga sebut Tamba , diharapkan pelayanan lebih maksimal lagim.

“Sepanjang untuk masyakat dan terjalin sinergitas yang baik saya sambut baik kerjasama ini. Karena kita sadari ditengah pandemi ini pemerintah perlu banyak biaya. Karena perawatan juga mahal.Masyarakat nanti juga diuntungkan,” terangnya.

Sementara Direktur RSU Negara, dr Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan poli paru nanti dilayani satu orang dokter spesialis paru.

Berbagai macam permasalahan kesehatan dibidang paru menggunakan layanan ini. Pasien yang datang bisa menggunakan layanan BPJS sehingga bisa dinikmati masyarakat luas. Bisa juga digunakan untuk pasien umum.

Eka Indrawati menyebut penyakit asma yang paling sering jadi keluhan selama ini bisa dilayani dengan beroperasinya Poli Paru.

“Hasil Sensus 2021, jumlah penduduk Jembrana adalah tercatat 325.456 jiwa . Dari jumlah tersebut pertahunnya Rumah Sakit Umum Negara memiliki 397 pasien PPOK dan 859 pasien Asma. Angka itu selalu masuk dalam 10 besar penyakit terbanyak di Rumah Sakit,” papar Eka.

Ditambahkannya , juga akan dilayani pengobatan asma dan penyakit paru obtruktif kronik Penyakit Tuberculosis (TBC), infeksi paru dan pernafasan (Efusi pleura, COPD/PPOK, dan sebagainya), Pemeriksaan fisiologi paru serta Tindakan terapi inhalasi dan terapi oksigen.

Terkait pembangunan gedung Hemodialisa Eka juga menjelaskan, pembangunan Gedung Hemodialisa sesuai MOU dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana dengan PT. Mahesa Gading Nomor. 01/MOU/HD/X/2021 .

Tujuannya , Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat Jembrana menuju Masyarakat Jembrana Bahagia.

Sebelumnya, RSU Negara kata Eka sudah memiliki ruang HD. Namun kapasitas dan sarana prasarana masih belum lengkap dengan kapasitas mesin hanya 17 unit.

Sedangkan, dalam catatannya pasien yang ada saat ini adalah 116 pasien aktif. Hanya 75 pasien yang bisa dilakukan cuci darah secara regular 2 kali seminggu. Sisanya hanya 1 kali seminggu karena kekurangan mesin Hemodialisa.

“Dari kerjasama ini kita hanya menyediakan dokter dan perawat sehingga bisa fokus untuk penyembuhan. Sedangkan peralatan pendukung, alat medis dan non medis, pembangunan gedung beserta instalasinya oleh PT. Mahesa Gading,” jelasnya.

Dengan dioperasikannya Poli Paru, kini total RSU Negara telah memiliki 19 poliklinik. Selain itu, Beberapa inovasi lainnya,tambah Eka masih berjalan.Mulai dari Pelayanan JKJ Plus yaitu pelayanan kesehatan langsung door to door untuk pasien yag tidak mampu mandiri ke fasilitas pelayanan kesehatan dan pelayanan kepada tokoh umat dan sulinggih.

Selain itu masih ada Pelayanan JES ( Jembrana Emergency Service ) untuk kegawatdaruratan dan Halo Dokter untuk pelayanan konsultasi online. (Red/Dw).

Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

9 Comments

  1. I’m not sure why but this site is loading incredibly slow for me. Is anyone else having this issue or is it a problem on my end? I’ll check back later and see if the problem still exists.

  2. Hi, Neat post. There’s an issue with your web site in web explorer, might test this?K IE still is the marketplace chief and a big part of other people will miss your great writing due to this problem.

  3. Great post and straight to the point. I am not sure if this is truly the best place to ask but do you folks have any ideea where to get some professional writers? Thanks 🙂

  4. whoah this blog is magnificent i really like studying your posts. Stay up the great work! You know, many persons are hunting round for this information, you can help them greatly.

  5. You actually make it appear really easy with your presentation but I find this matter to be really one thing which I believe I would by no means understand. It seems too complex and extremely large for me. I’m taking a look ahead for your subsequent submit, I will attempt to get the grasp of it!

  6. That is the precise weblog for anybody who wants to seek out out about this topic. You notice so much its nearly laborious to argue with you (not that I actually would need…HaHa). You positively put a new spin on a subject thats been written about for years. Nice stuff, just great!

  7. I was curious if you ever thought of changing the layout of your blog? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or 2 images. Maybe you could space it out better?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button