Peristiwa

Pengayah Terkilir Saat Ngayah Ngaturang Pakelem di Puncak Gunung Agung

JBM.co.id | Amlapura – Pada hari Rabu 20 Oktober 2021 pukul 14.45 wita telah diperoleh informasi bahwa ada pengayah di Pura Pasar Agung mengalami terkilir usai mengikuti upacara Ngaturang Pekelem di Puncak Gunung Agung sore kemarin.

Giat ngaturang Pakelem di Puncak Gunung Agung terkait upacara Piodalan di Pura Pasar Agung, salah seorang pengayah atas nama Andy Bruner, laki, 26 tahun, Islam/Indonesia, alamat Jln. Basangkasa no. 1 A, Ling Basangkasa Seminyak, Kuta Badung, mengalami kaki terkilir sehingga tidak bisa turun dari puncak Gunung Agung.

Andy Bruner bersama kelompoknya “Santi Yoga” beralamat di Blahbatuh, Gianyar yang keseluruhan berjumlah 23 orang mengikuti upacara Ngaturang pekelem di Puncak Gunung Agung ( ngayah ) dimana kegiatan tersebut merupakan rangkaian Piodalan Purnamaning Sasih Kelima Pura Pasar Agung Giri Toh Langkir di Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kec. Selat, Kab. Karangasem.

Baca Juga :  Gegara Membuka, Menggeser Barier dan Traficcone di Area Penyekatan, I Made GS Dijuk Polisi

Andy Bruner bersama kelompoknya mengikuti Upacara Ngaturang pekelem ke puncak Gunung Agung pada hari Rabu 20 Oktober 2021 dengan melakukan pendakian mulai pukul 01.30 wita dari Pura Pasar Agung Giri Toh Langkir.

Setelah pelaksanaan Upacara Ngaturang Pekelem, Andi bersama kelompoknya turun dari puncak Gunung Agung. Pukul 09.00 wita sesampainya di lereng Gunung Agung di daerah Telaga Mas diketinggian 1100 mdpl, Andi terkilir dan mengalami bengkak pada kaki kiri sehingga tidak bisa menuruni lereng gunung agung.

Adanya kejadian tersebut, Andi kemudian di tunggui oleh 10 orang temannya dari kelompoknya dan beristirahat di bescamp yg ada di dekat Telaga Mas.

Baca Juga :  Diduga Depresi, Pria (48) Tahun Mencoba Bunuh Diri

Pukul 13.00 wita, sisa kelompoknya berjumlah 12 orang kemudian melanjutkan menuruni lereng Gunung Agung dan menghubungi Humas Pura Pasar Agung I Wayan Suara Arsana dan pukul 14.30 wita melaporkannya ke Basarnas Kab. Karangasem.

Pukul 15.30 wita tim Basarnas Kab. Karangasem berjumlah 7 orang dipimpin I Gusti Ngurah Eka Widnyana tiba di parkiran Pura Pasar Agung dan langsung mendaki untuk mengevakuasi korban dibantu Bhabinkamtibmas Sebudi Aiptu I Made Wirta Sujana dan pengayah Pura Pasar Agung.

Baca Juga :  Sosok Bayi Perempuan Ditemukan di Dalam Kardus

Pukul 17.15 wita korban akhirnya bisa dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Selat untuk mendapatkan perawatan. (Red/Jabe)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: