BeritaDaerahDenpasarPendidikanPolitik

Pastikan Pemilu Demokratis, Partai Demokrat Bali Persiapkan Ribuan Saksi Berbasis Kecamatan

Jbm.co.id-DENPASAR | Partai Demokrat Provinsi Bali menggelar pelatihan ToT atau Training of Trainers Saksi berbasis Kecamatan di Inna Bali Heritage Hotel Denpasar, Selasa, 14 November 2023.

“Jadi, kader utama kami yang di Kecamatan, kami undang dan berikan pelatihan, pendidikan untuk mereka nanti melakukan pelatihan saksi di basis Kecamatan, karena ini khan waktunya pendek,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Bali Made Mudarta.

Mengenai saksi Partai Demokrat, lanjutnya hampir berjumlah 25 ribu orang di seluruh Bali, makanya para saksi dilatih agar bisa bergerak lebih cepat.

Advertisement

Filosofinya adalah Suara Rakyat, Suara Tuhan, sehingga ketika Rakyat memberikan pilihannya, suara ini harus mesti dikawal, agar terwujud demokrasi berkualitas.

Sebab, menurutnya, dalam konteks pesta demokrasi yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali, misalkan ada penggelembungan suara atau keberatan serta gugat menggugat akan menurunkan standar demokrasi.

Oleh karena itu, lanjutnya jika setiap partai mempersiapkan para saksi masing-masing dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik maka diyakini tidak akan ada sengketa, manakala KPU menetapkan hasil penghitungan suara, baik Pilpres, DPR RI maupun Caleg setiap partai politik. Mengingat, saksi menjadi sangat penting sebagai ujung tombak perjuangan partai.

“Nah, hal ini menjadi materi utama yang dibahas tadi. Begitu juga manakala ada kecurangan dalam pemungutan dan penghitungan suara ada kami siapkan Tim Hukum yang bertugas di setiap Kecamatan, untuk mengawal dan memastikan agar Pemilu ini berlangsung lancar, demokratis, aman dan adil,” terangnya.

Pelatihan ini diberikan kepada semua kader Partai Demokrat sebagai sarana bertukar pikiran, karena mereka bertugas melatih para saksi yang ada di setiap TPS.

“Tentunya pelatih saksi di Provinsi Bali akan turun di setiap Kecamatan, agar para saksi yang diberikan mandat nanti bisa menjalankan tugasnya, apa yang menjadi hak dan kewajiban di lapangan,” pungkasnya. (ace).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button