Pertanian

Serahkan Alsintan, Ipat Tumbuhkan Minat Generasi Muda Bertani

JBM.co.id, Jembrana – Kesejahteraan petani terus diperhatikan pemerintah. Hal itu terlihat saat penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani/subak.

Bantuan yang merupakan fasilitasi Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra secara langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama , bertempat di Balai Benih Pembantu (BBP) Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kamis (19/8).

Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna menyampaikan, bantuan alsintan yang diserahkan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh kelompok tani, sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana.

“Disituasi sekarang sektor pertanian tidak boleh berhenti dan harus tetap beraktivitas untuk mewujudkan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. Bantuan ini agar dijaga dan dipelihara dengan baik serta dimanfaatkan secara optimal guna meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Jembrana.

Terima kasih juga kepada Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang sudah memfasilitasi bantuan berupa alsintan ini”, ujarnya.

Disamping itu, Wabup yang akrab disapa Ipat ini mengatakan, saat ini banyak inovasi teknologi dibidang pertanian.

Salah satunya bantuan Combine Harvester yang merupakan alat pertanian dengan sentuhan teknologi yang memudahkan petani dalam mengelola lahan pertanian.

“Dengan adanya modernisasi alsintan, selain memudahkan petani dan meningkatkan hasil pertanian, saya juga harapkan teknologi ini mampu memacu minat generasi muda untuk ikut terjun di sektor pertanian”, imbuhnya.

Sementara Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama menyampaikan, bantuan alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani/subak merupakan hasil aspirasi masyarakat (petani) melalui Anggota DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang sudah memfasilitasi bantuan berupa alsintan tersebut.

“Sebelumnya sudah banyak bantuan yang telah diserahkan. Termasuk hari ini sebanyak 3 unit Combine Harvester (Mesin Pemanen Padi) diserahkan kepada 3 kelompok (1 kelompok tani desa sangkaragung dan 2 kelompok tani desa Baluk). Masing – masing kelompok diberikan 1 unit”, tandasnya. (Red/Dewa).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
%d blogger menyukai ini: