Tak Berkategori

Fornakes Kabupaten Bangli Rayakan Hari Kesehatan Nasional di Alun Alun Bangli

Jbm.co.id-BANGLI | Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023, Forum Tenaga Kesehatan (Fornakes) Kabupaten Bangli menggelar berbagai acara, diantaranya Kegiatan Ilmiah berupa Podcast tentang Penatalaksanaan Gigitan HPR dan Perawatan pasien rabies, senam bersama, kegiatan bakti sosial berupa donor darah, cek kesehatan gratis berupa pengecekan gula darah, kolesterol dan pemeriksaan tekanan darah, penyerahan dana tali kasih untuk anggota yg sakit berat/cacat permanen/sepuh, pengundian kupon berhadiah dan hiburan musik.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 mengusung tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju di Kabupaten Bangli, Minggu, 12 November 2023 dipusatkan di alun-alun Kabupaten Bangli.

Secara resmi acara dibuka oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta ditandai dengan pelepasan burung dara.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangli juga menyerahkan tali asih kepada anggota Fornakes, penyerahan penghargaan Nakes tingkat Nasional dan Tingkat Kabupaten Tahun 2023.

Foto: Forum Tenaga Kesehatan (Fornakes) Kabupaten Bangli memperingati Hari Kesehatan Nasional di Alun-Alun Bangli, Minggu, 12 November 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Ketua TP.PKK.Kab.Bangli Ny.Sariasih Sedana Arta, Ketua YKI Kab. Bangli Ny. Suciati Diar, Ketua Gatriwara Ny.Ayu Sukma Suastika, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli dr.Arsana,Direktur RSU Bangli, Direktur RSJ Prov.Bali, Direktur RS BMC Bangli, Perwakilan BPJS Kantor Cabang Klungkung serta undangan lainnya.

Ketua Fornakes Kabupaten Bangli, dr. I Dewa Gede Oka Darsana, Sp.An, dalam laporannya menyampaikan, Hari Kesehatan Nasional (HKN) adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan dan kesejahteraan.

Setiap tahunnya, HKN diperingati pada tanggal 12 November untuk mengenang sejarah lahirnya Badan Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO).

Forum Tenaga Kesehatan (FORNAKES) merupakan wahana untuk menjalin komunikasi dan persaudaraan bagi seluruh organisasi – organisasi profesi yang berkiprah di dunia kesehatan khususnya di kabupaten Bangli yang berjumlah sebanyak 15 organisasi profesi diantaranya IDI,PPNI, IBI, PDGI, IAI, PAFI, IAKMI, PERSAGI, PATELKI, IPAI, PTGMI, HAKLI, FORMIKI, PARI, IFI dengan jumlah anggota sebanyak 1.651 orang.

Pihaknya menambahkan bahwa Peringatan HKN tahun 2023 ini adalah kesempatan berharga untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

“Semoga peringatan ini dapat berjalan dengan lancar, dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan memberikan kontribusi yang positif terhadap kesejahteraan bangsa,”harapnya.

Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan, sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional Tahun ini yaitu “Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Maju”, Pemerintah Kabupaten Bangli terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Bangli, karena ini merupakan salah satu program prioritas, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Bangli pada dua tahun terakhir ini, untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bangli, baik itu melalui peningkatan kualitas hidup sehat, melalui pencegahan- pencegahan, pengetahuan tentang kesehatan dan tindakan- tindakan di layanan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Bangli, yang salah satunya adalah pembangunan gedung rumah sakit umum Bangli yang saat ini sudah dalam pembangunan tahap kedua yang dalam satu bulan kedepan sudah akan selesai dan akan dilanjutkan pada tahun depan pembangunan gedung 3 yang sepenuhnya dibantu dengan dana DAK oleh Kementrian Kesehatan.

Dengan Fasilitas yang sudah diperbaiki, maka komunitas-komunitas kesehatan yang tergabung dalam Fornakes ini juga harus disolidkan, sehingga nantinya pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik di Kabupaten Bangli. (surya).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button