JBM.co.id, Karangasem – Semenjak tiga (3) bulan yang lalu, Banjar Dinas Umanyar yang terdiri dari Banjar Umanyar Tengah, Umanyar Kelod dan Mbah Api belum memiliki seorang Kepala Wilayah (Kawil) atau Kepala Dusun (Kadus).

Hal itu karena Kadus sebelumnya sudah mengundurkan diri semenjak masalahnya yang viral saat nantang sparing seorang polisi lewat media sosial (medsos).

Sementara itu, untuk pelayanan masyarakat diisi Plt (pelaksana tugas) oleh Bapak I Nyoman Selonog yang juga salah satu Perangkat Desa Ababi.

Namun kini Bd. Umanyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem telah memiliki seorang Kadus yang baru semenjak 24 Mei 2021 lalu.

Proses pemilihan Kadus di Bd. Umanyar itu melalui pengajuan dari masyarakat dan mengikuti tes dari tim seleksi yang diketuai dari pihak kecamatan dan anggota dari BPD dan perwakilan Banjar Adat.

Tes seleksi calon Kadus itu berjalan dengan lancar dan aman, tes tesebut diikuti oleh 3 calon yang diajukan oleh masyarakat Bd. Umanyar.

Dari hasil seleksi tersebut, salah satu yang terpilih menjadi Kadus yakni I Ketut Sumerta, S.Kom , yang juga anggota LSM JARRAK (Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Reformasi Rakyat) Karangasem.

“Intinya tiang suksma sareng Ida Sang Hyang Widhi (saya berterimakasih kepada Tuhan, Red), keluarga, sahabat, dan masyarakat yang sudah mendukung baik doa, saran, dan semangat, tiang (saya) hanya bisa mengucapkan terimakasih”, ujarnya, Jumat (11/6/2021).

Lebih lanjut pihaknya meminta kerjasama masyarakat untuk bersama membangun Umanyar, untuk kedepan kerukunan bermasyarakat harus tetap dijaga.

“Sekarang tiang (saya) sudah menjadi seorang Kadus, bukan Kadus satu kelompok atau golongan, tapi Kadus Bd. Umanyar, untuk itu tiang (saya) mohon kerjasamanya dengan masyarakat, silahkan kritisi dan kritik membangun jika ada yang keliru”, sambungnya.

Sebelumnya, pihaknya mengatakan memang sudah siap mengabdi untuk melayani kepentingan masyarakatnya, hal itu karena dirinya diminta oleh warganya.

Dikonfirmasi terpisah, Perbekel atau Kepala Desa Ababi, I Wayan Siki, SH mengatakan “untuk Kadus Umanyar terpilih yang baru sudah sah dan sudah mulai bekerja per tanggal 24 Mei 2021, itu sesuai dengan berakhirnya SK Plt Kadus”, terangnya kepada JBM.co.id. (Jbm/Jabe).

JBM Karangasem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here